Popular Posts

Proyek Kapal Induk India

marinir TEAM-

Proyek Kapal Induk India

All hands,
Pada November 2013, India direncanakan menerima penyerahan INS Vikramaditya dari Rusia setelah kapal perang tersebut menyelesaikan perbaikan besar dan uji coba. Pengadaan INS Vikramaditya ditandatangani pada 2003 antara New Delhi dan Moskow dan dijadwalkan pada 2008 perbaikan besar eks kapal induk Gorshkov itu telah diserahterimakan kepada India. Akan tetapi karena berbagai persoalan teknis yang sangat kompleks, penyerahan kapal induk kelas itu molor lima tahun dari jadwal semula.
Sejak 2010, India telah memulai proyek kapal induk dalam negeri yang dikenal sebagai INS Vikrant yang dibangun oleh galangan India. Kapal induk bertonase 40.000 ton itu ternyata mengalami penundaan pula dalam konstruksinya karena sifat konstruksi kapal induk yang kompleks. Pada Juli 2012, India mengumumkan bahwa proyek tersebut akan meleset tiga tahun dari jadwal semula sehingga kapal perang itu baru akan masuk dalam dinas Angkatan Laut India pada 2018.
Selain INS Vikrant, India juga tengah merencanakan kapal induk dalam negeri kedua yaitu INS Vishal dengan sistem yang jauh lebih kompleks dari pendahulunya. Kapal induk bertonase 65.000 ton tersebut akan dilengkapi dengan katapul untuk peluncuran pesawat tempur dan bukan lagi menggunakan ski jump. Tak heran kalau beberapa bulan silam New Delhi dan Washington menyepakati kerjasama riset pertahanan, termasuk dalam hal EMAL yang merupakan teknologi katapul terbaru. 
Memperhatikan betapa rumitnya proyek kapal induk India, diprediksi INS Vishal akan mengalami keterlambatan pula dalam pembangunannya. Walaupun New Delhi telah lama mengoperasikan kapal induk, akan tetapi India belum mempunyai pengalaman dalam membangun kapal induk dengan sistem yang kompleks. 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...