Popular Posts

SEKOLAH CALON BINTARA (SECABA) KODAM V/BRAWIJAYA

Mengintip SEKOLAH CALON BINTARA (SECABA) KODAM V/BRAWIJAYA

Sekolah calon bintara (Secaba) adalah lembaga pendidikan militer tingkat pertama dasar golongan bintara dengan tugas pokok mendidik calon prajurit tamtama dan bintara menjadi prajurit yang memiliki kualifikasi handal dan professional. Sedangkan pendidikannya sendiri dibagi menjadi dua yaitu pendidikan pertama bintara (Dikmaba) prajurit karier dan pendidikan pembentukan bintara (Diktukba) reguler.

Untuk kedudukannya, lembaga pendidikan Secaba berada di bawah Resimen Induk Kodam V/Brawijaya (Rindam) dan berlokasi di Jember Jawa timur.

Latar belakang pembentukan.

Terbentuknya Sekolah Calon Bintara diawali dengan pembentukan sekolah kader III yang berfungsi sebagai pusat pendidikan Militer untuk Divisi VIII/Suropati.

Pada tanggal 21 Juli 1947 Sekolah Kader III hijrah ke Perkebunan Sumberagung Kec.Dampit Kab.Malang.

Seiring dengan pengakuan dan pulihnya kedaulatan NKRI maka satuan pendidikan mengalami penyempurnaan dan perubahan baik dipusat maupun didaerah termasuk diwilayah Jawa Timur.

Sekolah Kader III berubah menjadi Sekolah Kader Teritorium V.

Sekolah Kader Teretorium V selanjutnya berubah nama menjadi Sekolah Kader Infanteri V ( SKI V ) kemudian dirubah menjadi Sekarit.

Dari Sekarit kemudian berubah menjadi Sekolah Calon Bintara Infanteri V dan pada akhirnya menjadi Sekolah Calon Bintara Rindam V/Brawijaya sampai dengan sekarang.

Waktu pembentukan awal.

a. Awal pembentukan satuan pendidikan Secaba Infanteri adalah pada tahun 1963. tiga tahun setelah berdirinya Rinifdam VIII/Brawijaya namun demikian secara resmi Secaba Infanteri disyahkan pada tanggal 1 Agustus 1967.

b. Pada tanggal 21 April 1976 Secaba Infanteri berubah nama menjadi Secaba yang berkedudukan di Malang .

c. Pada tanggal 29 Agustus 1985 dilaksanakan pergeseran lokasi satuan pendidikan Secaba yang semula Secaba berada di Malang berpindah tempat di Jember sampai dengan sekarang.

Keadaan pada saat terbentuk. Pada saat pertama terbentuk Secaba Infanteri berkedudukan di Malang dipimpin oleh Letkol Inf R.Abdoelah.

Organisasi Secaba Rindam V/Brawijaya terdiri dari :

a. Komando

b. Urusan Umum

c. Urusan oprasional pengajaran

d. Tim pelatih

e. Kompi markas

f. 4 Kompi Siswa

Bidang pendidikan dan latihan.

Bidang pendidikan. Pendidikan terprogram dalam rangka meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan hasil didik maka Secaba Rindam V/Brawijaya telah mengirimkan personel untuk mengikuti pendidikan/penataran yang dilaksanakan secara terpusat dipusdik Infanteri maupun secara tersebar yang dilaksanakan oleh Rindam V/Brawijaya.

Bidang Latihan. Latihan yang dilaksanakan oleh Secaba Rindam V/Brawijaya berbentuk latihan yang diprogamkan oleh Komando Atas maupun latihan dalam satuan.

1. Latihan program

a) Latihan perorangan.

b) UTP/ UTJ.

c) USJM.

d) Latihan menembak senjata ringan.

2. Latihan non program. Disamping melaksanakan latihan program Secaba Rindam V/Brawijaya melaksanakan latihan dalam satuan dalam bentuk penataran tenaga pendidik yang dilaksanakan setiap akan menghadapi kegiatan operasional pendidikan dan latihan minggu militer.

Pembinaan korsa (Esprit De Corp). Untuk mewujudkan pembinaan korsa bagi personel Secaba Rindam V/Brawijaya dilaksanakan beberapa kegiatan :

a) Melaksanakan kegiatan tradisi bagi setiap personel baru yang masuk disatuan Secaba Rindam V/Brawijaya.

b) Melaksanakan acara peringatan hari jadi Secaba setiap tanggal 1 Agustus secara sederhana dalam bentuk tasyakuran dan do’a bersama.

PENGABDIAN

Bidang pendidikan. Penyelenggaraan kegiatan operasional pendidikan yang telah dilaksanakan oleh Secaba Rindam V/Brawijaya sejak terbentuk tahun 1967 hingga sekarang :

Mendidik Secaba Armed.
Mendidik If gaba 6 Gelombang.
Mendidik Secaba persamaan 5 gelombang.
Mendidik Secaba After Timtim.
Mendidik Secaba singkat 4 gelombang.
Mendidik Secaba reguler TNI AD 7 gelombang.
Mendidik Secaba reguler Infanteri ( Danru).
Mendidik Secaba reguler teritorial 11 gelombang.
Mendidik Secaba Intel 13 gelombang.
Mendidik Secaba prajurit karier TNI AD tahap I 18 gelombang.
Mendidik Secaba reguler TNI AD kecabangan Infanteri 19 gelombang.
Mendidik Secaba reguler Teritorial Khusus Babinsa TNI AD 2 gelombang.
Mendidik Secaba reguler Khusus TNI AD 1 Gelombang.

Penugasan operasi. Secaba Rindam V/Brawijaya mengirimkan personel Pa/Ba untuk melaksanakan tugas operasi dengan di BP kan di satuan Tempur jajaran Kodam V/Brawijaya antara lain :

a. Tahun 1995 : Mengirim 1 Ba di BP kan ke Tim Rajawali. Kopassus tugas operasi Timor -Timor.

b. Tahun 1997 : Mengirimkan 1 Pa dan 1 Ba di BP kan ke Yonif 521/DY Tugas operasi Timor-Timor.

c. Tahun 2003 : Mengirimkan 3 Ba di BP kan ke Yonif 512/QY Tugas operasi di Aceh.

d. Tahun 2005 : Mengirimkan 1 Pa dan 1 Ba di Bp kan ke Yonif 500/R ,Gultor operasi di Aceh.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...