Popular Posts

Transformasi Budaya

marinir TEAM-

All hands,
Transformasi pertahanan tak semata disimbolkan dengan pengadaan berbagai sistem senjata baru yang menyandang teknologi termodern. Berdasarkan pengalaman sejumlah negara yang telah berhasil melaksanakan transformasi pertahanan, transformasi itu harus diikuti pula secara paralel dengan transformasi budaya. Tanpa transformasi budaya, pengadaan sistem senjata baru menjadi kurang bernilai strategis dan operasional.
Mengapa dibutuhkan transformasi budaya? Karena sistem senjata baru dengan teknologi modern yang disandang memberikan dampak terhadap budaya yang selama ini sudah hidup dalam organisasi pertahanan. Sistem senjata itu menuntut adanya perubahan budaya dalam mengoperasikannya. Bahkan dalam konteks yang lebih luas, menuntut perubahan budaya organisasi.
Sistem senjata baru memiliki karakteristik antara lain efisien dalam pengoperasian, termasuk sumberdaya manusia, memiliki tingkat otonomi yang lebih besar, terhubung dalam suatu sistem yang kompleks dan lain sebagainya. Karakteristik demikian berlawanan dengan budaya lama yang ada di dalam organisasi pertahanan, seperti sistem senjata yang pengoperasiannya manual, membutuhkan sumberdaya manusia yang banyak, berdiri sendiri dan lain-lain.
Kalau dibawa ke alam Indonesia, sudahkah sistem senjata baru yang diborong dari negeri-negeri asing diiringi dengan transformasi budaya secara luas di lingkungan pertahanan Indonesia?
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...