Popular Posts

Kesamaan Daerah Latihan

marinir TEAM-

All hands,
Dewasa ini Indonesia memiliki setidaknya dua daerah yang rutin menjadi langganan dilaksanakannya latihan militer. Pertama adalah di Selat Makassar dan sekitarnya dan kedua ialah Laut Natuna dan sekitarnya. Pemilihan kedua wilayah itu sehingga sering dijadikan langganan daerah latihan militer Indonesia antara lain berangkat dari "kemudahan" yang diberikan daerah-daerah tersebut untuk melaksanakan manuver lapangan bagi ketiga matra TNI.
Lepas dari pertimbangan teknis, pertimbangan politik terkadang menjadi alasan pula mengalami latihan TNI, baik pada tingkat matra maupun gabungan, digelar di wilayah tertentu. Sebagai contoh, pada 1996 latihan gabungan TNI digelar di Laut Natuna dan sekitarnya untuk merespon klaim Cina terhadap ZEE Indonesia sebagaimana tergambar dalam peta yang diterbitkan oleh negeri yang pernah dipimpin oleh Mao Tse Tung itu pada 1993. Sedangkan dalam beberapa tahun terakhir, latihan matra maupun latihan gabungan TNI seringkali dilaksanakan di Selat Makassar dan sekitarnya guna merespon klaim Negeri Tukang Klaim terhadap blok Ambalat di Laut Sulawesi.
Pada tahun ini, kekuatan udara Indonesia melaksanakan latihan puncak di Laut Natuna. Pertanyaannya adalah apakah kekuatan laut Indonesia juga akan melaksanakan latihan puncak tahun depan di lokasi yang sama ataukah tidak? Kalau lokasi latihan berbeda, berarti ada hal yang luput dari perhatian. Yaitu pesan politik yang hendak dimunculkan dari latihan itu.  
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...