Popular Posts

Kerjasama Trilateral Kapal Selam

marinir TEAM-

All hands,
Australia-Inggris-Amerika Serikat belum lama ini telah menyepakati kerjasama trilateral mengenai pengembangan kapal selam. Dalam kesepakatan yang dicapai di Sydney itu, London dan Washington setuju untuk berbagi pengalaman menyangkut desain dan konstruksi kapal selam. Kesepakatan itu merupakan suatu langkah maju karena selama ini kerjasama mengenai kapal selam masih mengandalkan pada pola bilateral.
Sebagaimana diketahui, Australia memiliki program ambisius guna mengembangkan 12 kapal selam baru pengganti enam kapal selam kelas Collins. Dalam mewujudkan ambisinya itu, Canberra dihadapkan pada sejumlah tantangan yang sebagian di antaranya berakar pada pengalaman operasional kapal selam kelas Collins. Bahkan dalam laporan internal terbaru Departemen Pertahanan Australia, karena adanya berbagai permasalahan yang masih menghinggapi kapal selam kelas Collins saat ini, diprediksi wahana tempur bawah air buatan ASC itu tak akan bisa pension sesuai proyeksi pada 2025. Sebaliknya, kapal selam itu akan menjalani pension dini beberapa tahun sebelum kapal selam pengganti memasuki jajaran Angkatan Laut Kerajaan Australia.
Dalam kesepakatan Canberra-London-Washington, Inggris dan Amerika Serikat akan membagi berbagai hal yang bersifat sensitive mengenai desain dan konstruksi kapal selam. Selama ini walaupun ketiga negara itu tercatat sebagai sekutu tradisional, akan tetapi baik London maupun Washington tidak secara otomatis mau berbagai akses informasi dan teknologi kepada Canberra. Bahkan antara Inggris dan Amerika Serikat sekalipun, keduanya juga masih saling menjaga rahasia dan tak saling berbagi teknologi.
Pengembangan Futuru Submarine Australia memang diprediksi akan dihantui akan berbagai masalah teknis. Bantuan London dan Washington diharapkan mampu memberikan solusi terhadap beragam masalah tersebut. Karena alasan teknis, nampaknya London mendapat porsi yang lebih besar untuk berbagi dengan Canberra dibandingkan dengan Washington. Sedangkan Washington nampaknya akan lebih banyak berbagai pada urusan non desain dan konstruksi kapal selam.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...