Popular Posts

Kapal Nelayan Tanpa Peralatan Penangkap Ikan

marinir TEAM-

All hands,
Aktivitas penyadapan dalam hubungan antar negara adalah suatu hal yang normal. Hanya ada dua tipe negara yang tidak melaksanakan penyadapan. Pertama, negara yang tidak mampu melakukan penyadapan terhadap negara lain karena tak mampu secara finansial dan atau teknologi. Kedua, negara yang naïf dalam  menjalin hubungan internasional.
Berangkat dari premis bahwa penyadapan merupakan suatu hal yang normal dalam hubungan antar negara, pembeberan aktivitas penyadapan yang dilaksanakan oleh Amerika Serikat yang dilakukan oleh Bradley Manning dan Edward Snowden bukan suatu hal yang mengejutkan. Kedua warga negara Paman Sam itu hanya memperkuat premis yang sudah ada selama ini. Kalau kegiatan penyadapan yang diungkapkan oleh Snowden sebagian besar berbasis pada jaringan internet, hal demikian memang tak lepas dari kondisi saat ini di mana dunia sudah disatukan oleh jaringan internet.
Walaupun demikian, kegiatan penyadapan alias eavesdropping lewat laut pun masih berlangsung. Penyadapan itu dilaksanakan melalui penyebaran kapal mata-mata yang biasanya berstatus kapal perang atau kapal Angkatan Laut. Kapal yang dilengkapi dengan berbagai peralatan canggih untuk menguping ribut gelombang elektromagnetik itu beroperasi di perairan internasional dan tak pernah memasuki perairan teritorial suatu negara. Penyadapan lewat laut ini telah berlangsung lama yakni sejak awal 1950-an.
Perairan kawasan Asia Pasifik juga ramai oleh kegiatan kapal mata-mata. Yang menjadi tertuduh melakukan kegiatan itu bukan saja Negeri Paman Sam, tetapi juga Negeri Om Mao. Indonesia pun menjadi sasaran aktivitas kapal-kapal tersebut. Kalau Washington menggunakan kapal yang berstatus kapal perang dan atau kapal Angkatan Laut untuk melaksanakan aksinya, Beijing memakai kapal perang dan atau kapal nelayan guna melakukan kegiatannya.
Di perairan Laut Natuna dan Laut Cina Selatan, mudah untuk menemukan kapal nelayan yang di dalamnya sama sekali tak ada peralatan untuk menangkap ikan.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...