Popular Posts

Berpikir Realistis

marinir TEAM-

All hands,
Wacana agar kekuatan laut Indonesia mengoperasikan kapal induk sesungguhnya adalah wacana yang tepat pada ruang dan waktu yang tepat. Apabila wacana tersebut dikembangkan pada ruang dan waktu yang tidak tepat, maka yang terjadi adalah tindakan inefisiensi energi. Banyak aspek yang harus dikaji secara seksama dan bukan secara instan untuk menguji wacana tentang operasional kapal induk di lingkungan Angkatan Laut Indonesia. Kajian tersebut harus bersifat obyektif dan tidak bersifat subyektif seperti yang selama ini seringkali terjadi.
Ketika memikirkan tentang kapal induk, sudahkah kemampuan kekuatan laut Indonesia teruji dalam pengoperasian kapal perang yang dari sisi dimensi, persenjataan maupun teknologinya jauh lebih kecil daripada kapal induk? Apabila mau jujur, merupakan suatu fakta bahwa untuk mengoperasikan kapal perang sampai setingkat fregat saja negeri ini  masih diliputi berbagai kesulitan.
Kesulitan yang dimaksud bukan saja soal sumberdaya manusia, dukungan pemeliharaan dan perawatan, teknologi dan lain sebagainya, tetapi juga pada aspek budaya organisasi. Tak perlu dirinci satu per satu kesulitan tersebut di sini, sebab rinciannya akan cukup panjang. Tantangan akan menjadi sangat besar ketika meloncat ke pengoperasian kapal induk. 
Mengoperasikan kapal induk memang prestise, tetapi di balik itu ada biaya yang harus siap untuk dibayar. Dari aspek teknis, kapal induk mempunyai sistem internal yang sangat kompleks. Dari aspek organisasi, dibutuhkan melahirkan sebuah baru di lingkungan Angkatan Laut yaitu budaya kapal induk yang berbeda dengan budaya kapal fregat, apalagi budaya kapal PC. Minimal dibutuhkan tiga puluh tahun untuk melahirkan budaya tersebut. 
Selanjutnya adalah aspek yang lebih luas yaitu dukungan dari pemerintah. Apakah pemerintah dan parlemen akan setuju mengalokasikan anggaran paling tidak sekitar Rp.30-40 trilyun per tahun hanya untuk menutupi biaya operasi dan pemeliharaan dan perawatan kapal induk? Masih banyak lagi aspek politik yang tak akan diuraikan satu demi satu di sini.
Singkatnya, dibutuhkan pemikiran realistis kalau kekuatan laut Indonesia ingin menjadi World Class Navy dalam arti yang sesungguhnya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...