Popular Posts

Ambisi Kapal Selam Filipina

marinir TEAM-

All hands,
Walaupun pembangunan kekuatan laut Filipina berjalan tertatih-tatih karena kurangnya anggaran yang tersedia dan adanya inefisiensi, namun hal demikian tak menyurutkan ambisinya untuk membeli dua kapal selam diesel elektrik. Negeri yang menjadi langganan siklon tropis itu bertekad melaksanakan akuisisi kapal selam mulai 2020. Salah satu faktor pendorongnya adalah posisi Filipina sebagai salah satu Angkatan Laut terlemah di Asia Tenggara di tengah kian asertifnya Cina dalam sengketa Laut Cina Selatan.
Ambisi Angkatan Laut Filipina untuk membeli kapal selam sangat ditentukan oleh beberapa hal. Pertama, dukungan anggaran pada 2020. Belum diketahui pasti siapa yang akan memerintah pada 2020 dan bagaimana komitmennya terhadap pembangunan Angkatan Laut. Kalau di era Benigno Aquino III, komitmen terhadap Angkatan Laut Filipina jauh lebih baik daripada sebelumnya yang antara lain karena faktor Cina.
Kedua, efisiensi anggaran. Di antara masalah yang menghantui Angkatan Laut Filipina selama ini adalah inefisiensi anggaran. Dampak dari hal tersebut cukup signifikan, yaitu mempengaruhi pembangunan kekuatan laut. Tak sedikit pihak yang meragukan apakah pada 2020 kekuatan laut Filipina bisa melakukan tindakan-tindakan progresif untuk mengatasi inefisiensi anggaran.
Ketiga, faktor Amerika Serikat. Apabila Amerika Serikat memberikan bantuan dan tekanan kepada Filipina dalam hal pembangunan kekuatan Angkatan Laut agar bisa mengurangi beban Washington membantu sekutunya tersebut, pengadaan kapal selam pada 2020 nampaknya akan bisa berjalan. Bagaimanapun, Washington masih memainkan peran signifikan di balik layar dalam isu pertahanan Filipina. 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...