Popular Posts

Militer Hasil Pemikiran Liberal

All hands,
Kekuatan pertahanan Indonesia saat ini dalam melaksanakan operasi lebih banyak berfokus pada hasil pemikiran liberal. Hasil pemikiran liberal menjadikan Angkatan Bersenjata lebih fokus pada operasi militer selain perang. Apa yang melanda kekuatan pertahanan Indonesia ini adalah template dari militer Amerika Serikat di era 1990-an pada masa administrasi Bill Clinton.
Pada masa kepresidenan pria asal Arkansas itu, Angkatan Bersenjata Amerika Serikat terkenal dengan misi-misi liberal seperti operasi kemanusiaan di Haiti, operasi kemanusiaan di Somalia dan lain sebagainya. Singkatnya, operasi militer selain perang  menjadi trademark Angkatan Bersenjata Amerika Serikat.
Ketika koboi dari Texas yaitu George W. Bush menggantikan posisi Bill Clinton di Gedung Putih, kalangan Republikan yang resah dengan trademark misi liberal militer Amerika Serikat mengubahnya agar Angkatan Bersenjata Paman Sam kembali ke  misi tradisional yaitu warfare. Dari situ kemudian muncul Perang Afghanistan, selanjutnya Perang Irak II. Sebaliknya, operasi militer selain perang seolah menjadi barang haram di era pemerintahan Bush.
Terkait dengan Indonesia, apakah ke depan militer Indonesia masih akan terus menginduk pada hasil pemikiran liberal? Sehingga nyaris semua alasan pengadaan sistem senjata adalah untuk operasi militer  selain perang.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...