Popular Posts

Kesiapan Pengoperasian Kapal Selam

All hands,
Keputusan Indonesia untuk memborong tiga kapal selam dari Korea Selatan tentu saja menyenangkan hati Seoul. Sebaliknya nasib peran industri pertahanan Indonesia dalam partisipasi produksi kapal selam itu sebagaimana ambisi Indonesia masih belum jelas dan masih sangat tergantung kebaikan hati Negeri Ginseng. Sementara tak sedikit kalangan yang paham dengan tetek bengek kapal selam meragukan kemampuan Indonesia saat ini untuk mampu memproduksi kapal selam sendiri.
Selain masih di hulu, masih terdapat pula masalah di hilir. Masalah di hilir kapal selam adalah kesiapan pengoperasian kapal selam yang diborong dari Seoul nantinya. Dalam hal ini adalah kesiapan pengawakan ketiga wahana tempur bawah air itu.
Tantangan utama dalam kesiapan pengawakan kapal selam adalah regenerasi awak kapal selam pada semua jenjang kepangkatan. Dewasa ini terlihat jelas adanya gap dalam regenerasi itu. Gap itu akan semakin lebar apabila ketiga kapal selam baru masuk dalam jajaran armada dan tidak ada upaya terobosan untuk mengatasi masalah regenerasi itu.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...