Popular Posts

Hujan FMS

All hands,
Indonesia kini telah memasuki masa musim hujan FMS. Bila sebelumnya FMS yang dikucurkan oleh Washington kepada Jakarta didominasi oleh Angkatan Udara karena kekuatan laut dan kekuatan darat Indonesia tidak berminat, kini Angkatan Darat Indonesia mulai berminat untuk menggunakan fasilitas itu. Beberapa pengadaan kekuatan darat Indonesia ke depan dipastikan menggunakan FMS.
Terjadinya kemarau FMS di Indonesia selama ini tak lepas dari pola FMS yang ketat sehingga pasti merugikan pihak-pihak yang diuntungkan apabila pengadaan tak menggunakan fasilitas itu. Meskipun kerjasama pertahanan Indonesia-Amerika Serikat telah dibuka kembali pada 2005, akan tetapi hingga 2012 di luar kekuatan udara tak ada pihak yang berminat menggunakan FMS. Sebab FMS tidak memunculkan "keuntungan ekonomis" bagi pihak tertentu di Indonesia.
Dengan munculnya Angkatan Darat Indonesia sebagai pengguna FMS dalam jumlah besar, berarti tinggal kekuatan laut Indonesia yang masih belum menggunakan fasilitas itu. Apakah Angkatan Laut Indonesia akan menggunakan pula fasilitas tersebut ke depan? Hal itu dipengaruhi oleh pilihan apakah akan meminjam sistem senjata dari Washington atau tidak?
Satu hal yang pasti, penggunaan fasilitas direct military sales yang berarti calon pembeli berhubungan langsung dengan pabrikan akan  membuat harga sistem senjata yang dipinjam dari Amerika Serikat lebih mahal daripada memakai jalur FMS.
Pilihan menggunakan jalur direct military sales atau FMS pada akhirnya akan berujung sama, yaitu dibutuhkan adanya otorisasi dari Capitoll Hill sebelum sistem senjata itu disepakati untuk dipinjamkan kepada suatu negara.
Pemilihan fasilitas FMS oleh kekuatan laut negeri ini juga dipengaruhi oleh pertimbangan-pertimbangan lain. Sebab fasilitas FMS tidak se-seksi direct military sales. Satu fakta yang tak dapat dibantah, kekuatan laut Indonesia sejak 1970-an lebih familiar dengan sistem senjata buatan Eropa yang secara kebetulan di benua biru itu tak ada fasilitas serupa FMS.  
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...