Popular Posts

FMS Indonesia

All hands,
Guna meningkatkan kembali ekspor senjata Inggris ke pasar internasional, saat ini negeri kelahiran Jullian Corbett itu tengah mengkaji tentang penerapan kebijakan fasilitas FMS. Sudah bukan rahasia lagi kalau langkah London untuk mengkaji penerapan FMS setelah melihat kesuksesan program FMS Washington yang telah puluhan tahun diterapkan. Tak dapat dipungkiri, melalui fasilitas FMS maka industri pertahanan Amerika Serikat dapat merajai pasar dunia selama bertahun-tahun hingga sekarang, meskipun sebagian dari konsumennya adalah negara-negara dengan kemampuan ekonomi terbatas.
Indonesia adalah salah satu negara yang kini berupaya untuk meningkatkan nilai ekspor senjatanya. Kalau pada 2008 nilai ekspor senjata Jakarta adalah US$ 6 juta, nilai tersebut berubah menjadi US$ 57 juta pada 2012. Peningkatan sebesar 813 persen itu terjadi tanpa dukungan FMS, sebab Indonesia belum menyediakan fasilitas ekspor tersebut kepada negara yang membeli sistem senjata buatannya. Salah satu solusi untuk meningkatkan nilai ekspor senjata Indonesia di atas 1000 persen dari nilai sekarang adalah pemberian fasilitas FMS.
Fasilitas FMS itu harus masuk dalam anggaran pertahanan dan harus dilihat sebagai bagian dari upaya diplomasi pertahanan. Tidak perlu ada kekhawatiran bahwa dana itu akan lari kepada pihak pembeli sistem senjata itu, sebab pada dasarnya dana FMS tersebut nantinya akan dibelanjakan lagi di Indonesia untuk membayar harga sistem senjata, suku cadang dan pelatihan yang dilakukan oleh industri pertahanan Indonesia. Dana FMS tersebut hanya berpindah kantong dari brankas APBN pemerintah ke brankas BUMN industri pertahanan.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...