Popular Posts

TERM OF REFERENCE FORUM KOMANDAN KRI

TERM OF REFERENCE FORUM KOMANDAN KRI


Forum Komandan KRI dijajaran Koarmatim yang digelar rutin setiap hari Rabu, kali ini forum mendiskusikan mengenai efisiensi penggunaan bahan bakar yang dikaitkan dengan pola operasi unsur gelar Koarmatim, dilaksanakan di gedung Candrasa Mako Koarmatim, Rabu (20/3). Hadir dalam forum ini antara lain para Komandan unsur dan para Komandan Satuan jajaran Koarmatim.

Dalam forum ini dibahas permasalahan mengenai keterbatasan dukungan logistik cair sebagai akibat dari dampak kenaikan harga minyak dunia sehingga secara global mempengaruhi perekonomian setiap negara. Untuk mengatasi kondisi tersebut, pemerintah Indonesia mengambil tindakan antisipasi dengan jalan mengurangi subsidi pada sektor Migas serta mengurangi kuota impor dari pasar minyak dunia.

Dengan semakin dibatasinya pengadaan kuota minyak bumi oleh pemerintah Indonesia, maka sebagai aksi yang harus dilaksanakan agar roda pemerintahan, perdagangan, pertahanan, pendidikan dan lain sebagainya semua dapat berjalan dengan baik adalah mendistribusikan ketersediaan minyak nasional dengan berdasar pada skala prioritas, termasuk pendistribusian bahan bakar dilingkungan TNI AL.

Untuk menyikapi hal tersebut, Koarmatim akan melaksanakan pola operasi yang efektif dan efisien tanpa harus mengurangi kehadiran unsur-unsurnya di laut sebagai efek determinan bagi setiap ancaman yang berasal dari laut. Kegiatan operasi yang dilaksanakan jajaran Koarmatim baik dibawah kendali Gugus Tempur Laut maupun Gugus Keamanan Laut mempunyai batasan waktu yang sudah direncanakan sesuai rencana operasi. Agar tidak terjadi ketimpangan batas waktu operasi satu unsur dengan unsur yang lain serta keterlambatan dalam pergantian unsurnya, disarankan untuk unsur yang batas waktu operasinya akan berakhir hendaknya ditempatkan pada sektor patroli dan titik bekulnya mendekat ke pangkalan Surabaya. Dengan demikian hal ini dapat menghemat penggunaan bahan bakar pada unsur yang sedang beroperasi dalam satuan gugus tugas.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...