Popular Posts

Proses Rekrutmen Pasukan Khusus

marinir TEAM-Proses Rekrutmen Pasukan Khusus

Seperti yang kita ketahui bersama dalam TNI dikenal beberapa macam pasukan khusus. Tapi yang anda sebutkan adalah unit2 anti teror "khusus" yang notabene direkrut dari pasukan khusus intern organik-nya (misal anggota den 81 kopassus, anggotanya jg diambil dari kopassus yang sudah berkualifikasi sandhi yudha) dalam beberapa tingkatan pelatihan khusus dan tes ketat...barulah mereka bisa memperoleh kualifikasi anti teror.


Tim anti teror milik TNI BERBEDA dengan Detasemen 88 POLRI (non brimob) atau detasemen GEGANA BRIMOB POLRI dalam beberapa hal. Baik scr organisasi, standart rekruitmen personel, dan tugas pokok. Karena militer cenderung melatih para prajuritnya secara "lebih ganas" daripada polisi yang penugasannya adalah penegak hukum. Kewenangan dan penugasan kepolisian bisa berlaku pada seorang prajurit militer...tetapi belum tentu polisi bisa mengemban tugas militer. Sepertiyang terjadi di Aceh ketika tim Brimob "ngotot" masuk belantara aceh.....mereka sering kali kocar kacir...karena memang bukan "habitat"-nya disana. Konteks adanya pasukan Brimob (yang berstatus PARAMILITER-dilatih seperti tentara tapi bukan tentara) tentu saja hatus dikaji ulang !!

Calon anggota GULTOR pada Kopassus TNI AD harus sudah menempuh kualifikasi:
a. intelijen (minimal intelijen tempur)
b. wing combat freefall / jump master dan mobud
c. kemampuan menembak pistol dan senapan minimal klas 2
d. berenang dan menyelam
e. mempunyai kualifikasi tambahan dari korps asal (bagi non korps infanteri)
Personel gultor dididik sembilan bulan (untuk pertempuran khusus selama 6 bulan dan keahlian per orangan 3 bulan di SEKOLAH PERTEMPURAN KHUSUS PUSDIKPASSUS BATU JAJAR) dengan metode SAS dan GSG - 9 (untk keahlian anti teror). Seperti yang kita ketahui bersama bahwa model pendidikan anggota kopassus merupakan kiblat bagi saudara2 nya yang lain.
Tentang Taifib KORPS MARINIR TNI AL, kopaska dan DENJAKA:

Personel INTAI AMPHIBI MARINIR AL direkrut dari anggota berbagai macam keahlian dalam lingkup Korps Marinir. Dan calon harus minimal berdinas 2 tahun dan punya wing paraStandart perekrutan untuk calon anggota taifib sama dengan umumnya perekrutan pasukan khusus ditambah dengan tes berenang dengan tangan dan kaki terikat sepajang 2 km.

Pendidikan calon anggota Taifib dulunya dilaksanakan di jakarta dan di surabaya (menurut batalyon masing2) tetapi sekarang dilaksanakan di PUSLATPUR MARINIR Karangtekok Situbondo JATIM. Lama pendidikan 8 bulan meliputi : jungle warfare and survival,tahap rawa lanjutan. tahap laut lanjutan. pendaratan pantai khusus, medis, operasi raid amphibi, perang kota dan operasi amfibi rintis (untuk pancangan landing pasukan pendarat) serta combat freefall dan menembak dengan berbagai senjata+ intelijen tempur. Brevet Taifib DIKLAIM sama dengan brevet KOMANDO kopassus.

Marinir punya 2 batalyon taifib utk pasmar 1 dan 2. Kedudukan Taifib adalah 1 tingkat dibawah DENJAKA.

KOPASKA (KOMANDO PASUKAN KATAK):
Anggota kopaska direkrut dari anggota TNI AL non anggota korps marinir.

Calon anggota Kopaska selain di tes dengan standar militer juga di tes tentang kemampuan renang-nya. karena KOPASKA adalah satuan khusus untuk peperangan laut setingkat US NAVY SEAL. kopaska hanya menerima 5 - 10 orang setahun (yang lulus pendidikan sepaska)Anggota KOPASKA dididik di pusdik paska di pondok duyung. Lama pendidikan adalah 7 bulan. 

Diawali dengan pekan orientasi fisik, dan tehnik beregu senapan, dilanjutkan dengan hell week ( minggu neraka) dimana fisik dan mental siswa di "bantai" habis habisan dengan kegiatan yang sangat melelahkan baik skenario tempur atau kemampuan fisik terutama aspek kegiatan di laut (berenang, mengayuh rakit dsb), tahap selanjutnya adalah pengenalan tehnik terjun payung tempur di BATUJAJAR (pusdik passus) kadang kala kopaska juga "menitipkan" siswa nya ke sekolah para korps marinir di pusdik MArinir - gunungsari surabaya. 

Setelah lulus, dilanjutkan dengan tahap laut dimana para siswa mendalami selam tempur, UDT dan operasi raid amfibi, survival dan perang hutan. Pendidikan Kopaska ditutup dengan latihan berganda di P. LAKI dan ditandai dengan pembaretan serta pemberian brevet MANUSIA KATAK kepada anggota baru KOPASKA. Metode pendidikan kopaska diadaptasi dari metode pendidikan komando kopassus

DENJAKA: (DETASEMEN JALA MENGKARA)
DENJAKA adalah satuan gabungan antara personel kopaska dan taifib marinir. anggota DENJAKA dididik di bhumi marinir CILANDAK dan harus menyelesaikan suatu pendidikan yang disebut PTAL (Penanggulangan Teror Aspek LAut) lama pendidikan ini adalah 6 bulan. Intinya DENJAKA memang dikhususkan untuk satuan anti teror walaupun mereka juga bisa dioperasikan di mana saja terutama anti teror aspek laut

BATALYON RAIDER :
Awalnya (th60-an) Raider dibetuk sebagai pasukan infanteri pemukul yang kemampuannya bisa 10 kali lipat pasukan infanteri biasa. Kemampuan mereka dilatih oleh RPKAD dengan dibekali cara bertempur komando tingkat regu tahap pantai dan hutan, survival,menembak jitu dan pengetahuan ttg operasi raid yang tidak dipelajari pada pasukan infanteri biasa. Raider berasal dari satuan tentara di bawah komando pasukan teritorial (KODAM). Awalnya berasal dari nama satu batalyon dalam resimen Achmad Yani yang bernama BANTENG RAIDER. pelatihan RAIDER..entah bagaimana ceritanya akhirnya menjadi syarat mutlak bagi prajurit para dalam lingkungan KOSTRAD. setelah tahun 1967 maka Pelatihan Raider diharuskan untk semua prajurit infanteri yang berasal dari organik KODAM maupun KOSTRAD. Ditambah lagi siswa dari kecabangan tempur yang lain baik dalam KODAM maupn KOSTRAD.

Pelatihan RAIDER dulunya tidak bertempat pada suatu lokasi pendidikan. Mereka berpindah pindah...walaupun sebenarnya pusat pendidikan latihan pertempuran AD sudah ada di tiap KODAM..... diawali dengan basis hutan, gunung, laut dan rawa serta tehnik operasi peledakan perang kota dan intelijen. pendidikan ini berkisar antara 8 bulan. instruktur langsung oleh kopassus. Sekitar tahun 78, batalyon infanteri berkualifikasi Raider dibubarkan. Dan Pelatihan Raider tidak digunakan lagi. Sebagian pelajaran pelatihan Raider digunakan dalam latihan yudha wastu pramuka (tahap II) bagi calon prajurit Infanteri.

Raider hidup lagi berkat gagasan KSAD Jend. Ryamizad. Beliau menilai keahlian Raider sebenarnya sangat penting dan efisien untk operasi militer. Walaupn Ryamizard tidak pernah merasakan latihan Raider murni (yang berpindah pindah itu....) tapi dia paham akan pentingnya kualifikasi raider. Maka Ryamizard mengutus KOPASSUS untk mendidik instruktur2 Raider yang berasal dari batalyon2 infanteri (non linud) serta DEPO DODIKLATPUR. untk mempelajari sama persis dengan pelajaran Raider dulu dengan modifikasi sesuai keperluan + operasi mobil udara. Lama pendidikan Raider baru ini bagi 10 batalyon pertama adalah 6 bulan. 20 yang terbaik setiap angkatan dididik lagi di pusdikpassus untuk mendalami ilmu anti teror. Pendidikan Raider berlangsung di DEPO PENDIDIKAN LATIHAN PERTEMPURAN di tiap KODAM dan PUSDIK INFANTERI CIPATAT. Pendidikan berakhir dengan pembaretan hijau tua (khas raider) wing MOBUD dan brevet raider.

KORPASKHASAU

Paskhas adalah gabungan dari 3 pasukan AU yang ada : PPP, PGT dan PSU.
Paskhas adalah salah satu pasukan khusus berkualifikasi KOMANDO selain KOPASSUS yang berada dalam lingkungan AU. Dan ditilik dari kompleks penugasannya seharusnya paskhas adalah satu satunya pasukan elit AU yang berkualifikasi terlengkap bahkan secara hirarki Paskhas berada diatas US SPECIAL TACTICS dan PVO (Rusia)
Dulunya Paskhas bernama KOPASGAT alias KOMANDO PASUKAN GERAK TJEPAT. Nah saat menggunakan nama ini...nama paskhas melambung bro......tetapi kenapa ya kok diganti?..ada embel2 "Khas" segala....jadi kayak nggak menyiratkan pasukan khusus.
Menjadi prajurit Paskhas sebenarnya mempunyai kebanggaan tersendiri. Gimana ngga?....di AD saja banyak prajurit yang susah sekali alias gagal menjadi pasukan komando / kopassus walau sudah ikut tes berkali kali...sampai stress.... tapi di AU mungkin untuk menjadi prajurit paskhas yang kualifikasinya KOMANDO bisa dibilang agak mudah daripada di AD.
Di AU begitu lulus pendidikan dasar apabila kecabangan paskhas sedang merekrut anggota, maka si prajurit muda udah bisa langsung ikut pendidikan komando setingkat Kopassus. Kenapa bisa gitu?...karena paskhas merupakan korps kecabangan. Walaupun sederajat dengan Kopassus namun berbeda hirarki. Berbeda dengan Kopassus yang mengharuskan si calon telah menempuh pendidikan kecabangan khususnya Infanteri terlebih dahulu sebelum menjalani Pendidikan Komando. Hal ini dimungkinkan karena pada tahapan Komando semua materi tidak diulang dari dasar. Efeknya bisa dirasakan ketika si prajurit mulai berdinas. Pendidikan lanjutan (tingkat master) untuk prajurit paskhas memakan waktu "lebih lama" dari prajurit kopassus.
Sekarang apa yang telah yang telah uzur pada paskhas telah diganti secara bertahap.
mulai dari senapan serbu, pistol, gears, PDL sus, dll. Bahkan paskhas mengembangkan sebuah detasemen gultor setingkat SAT 81 Gultor Kopassus yang dinamakan Bravo. Terdiri dari 5 tim yaitu Tim alfa 1 s/d 3 dengan spesialisasi : perang kota, perang hutan dan anti teror aspek udara (walaupun juga 3 media). Tim bantuan mekanik untuk merawat peralatan tempur dan Tim bantuan tempur. Disini ada pelatih, spesialis demolisi, terjun bebas, pasukan katak dan ahli bahasa.
7 Bulan dibutuhkan untuk membentuk seorang prajurit muda menjadi prajurit baret jingga sejati. Semua materi dari peperangan darat, pertahanan pangkalan, Arhanud ringan, terjun payung tempur dan menyelam tempur diberikan oleh para pelatih ahli baik dari intern paskhas maupun dari saudara tuanya dari kopassus dan kopaska

Thanks to: Den Bravo 91, Den Jaka, Sat Gultor, etc

5 Top Pasukan Elit Internasional, Indonesia Peringkat Ketiga


 Latihan Kopassus (foto wordpress.com)

Dua minggu ini saya ada sedikit kerjaan di lingkungan TNI Angkatan Laut yang sangat menyita waktu dan tenaga. Dari interaksi dengan mereka, saya jadi sedkit paham dan mengerti suka duka menjadi pembela tanah air. Sukanya tentu jika sedang menikmati masa-masa bersama keluarga atau seluruh anggota kesatuannya. Dukanya sudah pasti ketika harus berpisah dengan mereka dan mengarungi samudera luas menuju batas-batas terluar Nusantara nan luas ini. Bisa Anda bayangkan bagaimana rasanya tidak bertemu dengan orang-orang tercinta selama berbulan-bulan, apalagi jika untuk selama-lamanya, entah gugur saat bertugas atau ditawan pihak musuh. 

Memang, ketika era Orde Baru posisi mereka sempat menjadi perdebatan. Secara umum ABRI -sebelum Polri berpisah menjadi kesatuan sendiri- mempunyai dua peran sekaligus, yakni sebagai kekuatan hankam dan sospol. Artinya, selain menjaga pertahanan dan keamanan wilayah NKRI, mereka juga ditugaskan untuk menduduki jabatan-jabatan politis negara dan menjadi kepala daerah. Sejak era Reformasi, dwifungsi ABRI tersebut berangsur dihapuskan, termasuk keterwakilan fraksi mereka di MPR.

Kali ini saya tidak hendak membahas perihal tersebut di atas, melainkan prestasi-prestasi yang cukup membanggakan yang dimiliki kesatuan-kesatuan khusus Tentara Nasional Indonesia. Mudah-mudahan informasi lama ini bisa sedikit memberi semangat kita dalam proses bela negara, kata lain untuk nasionalisme. 

Dari obrolan-obrolan ringan kami dengan mereka, ternyata prajurit TNI juga tidak mau kalah dengan kalangan sipil dalam hal perlombaan atau kejuaraan guna menunjukkan kemampuan mereka. Sebagai misal Korps Marinir yang masih berada di bawah TNI AL adalah kumpulan-kumpulan prajurit tangguh di antara kesatuan lainnya. Apa yang serdadu asing tidak sanggup lakukan, prajurit-prajurit Marinir dengan semangatnya dapat menyeberangi Selat Sunda selama 12 jam berenang tanpa henti di tengah derasnya arus dan pusaran-pusaran air yang mematikan.

Di lingkungan TNI Angkatan Darat, kita memiliki Komando Pasukan Khusus (Kopassus) yang dulunya sangat berjasa menumpas Gerakan 30 S PKI. Kala itu masih bernama Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD) yang kemudian berubah nama menjadi Korps Para Sandi Yudha (Kopasandha).

Dari even-even yang diikuti dalam kejuaraan antar kesatuan pasukan elit internasional, Kopassus bisa dibanggakan karena bisa menduduki peringkat tiga dunia hanya kalah oleh tentara khusus Kerajaan Inggris (SAS) dan Israel (IDF). Kemampuan yang diperlombakan diantaranya perlombaan bela diri, kamuflase, olah senjata, menembak, survival, renang, dan sebagainya.

Berikut petikan selengkapnya :

1) Special Air Service (SAS), England
 Seragam SAS Inggris (foto kaskus.us)

SAS adalah resimen pasukan khusus dalam Angkatan Darat Inggris yang pernah menjadi model bagi pasukan khusus dari negara-negara lain. SAS membentuk bagian signifikan Pasukan Khusus Kerajaan Inggris Special Boat Service (SBS), Special Reconnaissance Regiment (SRR), dan Pasukan Special Support Group (SFSG).

Bela dirinya dinamakan Gon-Ryu, sejenis karate. Alumninya banyak yang menjadi mentor-mentor dan kontributor acara televisi, seperti Bear Grylls (Survival Expert, Discovery Chanel), Ross Kemp di BBC Knowledge, dan sebagainya.
Konon kalau sedang latihan perang gerilya, sisa kotoran mereka dibawa agar musuh tidak dapat mengendus jejaknya.

2) Israel Defence Forces (IDF), Israel
IDF dibantu The Mossad (Hamossad leModi’in uleTafkidim Meyuchadim) bertanggung jawab atas pengumpulan intelijen dan operasi-operasi rahasia termasuk kegiatan paramiliter. Ini adalah salah satu entitas utama dalam Komunitas Intelijen Israel, bersama dengan Aman (intelijen militer) dan Shin Bet (keamanan internal). Peran dan fungsi yang sama dengan Central Intelligence Agency (CIA) dan Secret Intelligence Service (SIS). Direkturnya bertanggung jawab langsung kepada Perdana Menteri. 
Beladirinya dinamakan Krav Maga, mengandalkan kekuatan fisik dan teknik melumpuhkan musuh yang efektif dan efisien. Pemuda-pemuda Palestina sering dijadikan objek latihan, caranya dengan diangkat lalu tulang punggungnya dihantamkan ke paha prajurit IDF atau Mossad hingga patah.

Moto yang digunakan adalah, “Cegah serangan pertama, netralkan lawan, buatlah mereka melihat mimpi buruk akan hal yang mereka perbuat.”
 Talmud lengkap dengan tentara Rabbi-nya selalu menyertai serangan-serangan Israel ke Palestina (foto blogspot.com)

3) Komando Pasukan Khusus (Kopassus), Indonesia

Kopassus adalah pasukan khusus Angkatan Darat Indonesia. Sering digunakan untuk melaksanakan misi operasi khusus bagi pemerintah Indonesia, baik tindakan langsung seperti: konvensional perang dan sabotase, maupun kontra-pemberontakan: kontra-terorisme dan pengumpulan intelijen. Kopassus ini didirikan pada tanggal 16 April 1952.
Beladirinya dinamakan Merpati Putih. Alumni Kopassus banyak yang menjadi pasukan perdamaian dunia.
Dengan moto, “Berani, Benar, Berhasil” Kopassus telah menorehkan banyak prestasi, diantaranya :



  • Kopasus juga juara pertama lomba sniper dalam pertemuan Pasukan Elite Asia Pasific Desember 2006 hanya dengan mengandalkan senjata buatan Pindad. SAS Australia berada pada peringkat kedua;


  • Kopasus menempati urutan runner-up dari 35 peserta dalam hal keberhasilan dan kesuksesan operasi militer (intelijen - pergerakan - penyusupan - penindakan) pada pertemuan Elite Forces in Tactical, Deployment and Assault di Wina Austria. Nomor satunya Delta Force USA;


  • Negara-negara Afrika utara dan barat sekarang memiliki acuan teknik pembentukan dan pelatihan pasukan elite mereka. 80% pelatih mereka dari perwira-perwira Kopasus;


  • Pasukan Paspampres Kamboja adalah pasukan elit yang dilatih oleh Kopassus;


  • Pada perang Vietnam, para tentara Vietkong meniru strategi RPKAD dalam berperang melawan Amerika Serikat yang mengakibatkan kekalahan Pasukan Amerika yang mempunyai persenjatan canggih dan lengkap. Strategi yang digunakan adalah Perang Gerilya. Sejak itu buku AH Nasution tentang Perang Gerilya menjadi buku acuan di Akademi Militer USA West Point.

4) Special Force Resimen (Spetsnaz), Rusia
Specnaz (bahasa Rusia: Войска специального назначения, (спецназ, pengucapan [spʲɪtsnas]) atau voyska spetsialnogo naznacheniya; adalah istilah umum untuk “pasukan khusus” dalam bahasa Rusia. Pasukan khusus Rusia tersebut secara khusus mengacu ke tiap elit atau unit Spetsnaz di bawah subordinasi Dinas Keamanan Federal (FSB) atau Rusia Pasukan Internal Departemen Dalam Negeri, dan unit dikontrol oleh dinas intelijen militer GRU.
Beladirinya dinamakan Russian Sambo.
5) Groupe d’Intervention de la Gendarmerie Nationale (GIGN), Perancis
GIGN adalah pasukan elit Perancis untuk tujuan kontra-terorisme dan penyelamatan sandera. Mereka adalah bagian dari kekuatan militer yang disebut Gendarmerie. Meski para anggotanya berstatus militer, mereka juga dituntut melaksanakan tugas-tugas polisi di luar daerah. 

Dengan demikian unit GIGN ditingkatkan lebih dekat dengan tim SWAT daripada unit militer murni seperti tentara Inggris SAS. Para operator dilatih untuk mengikuti peraturan polisi dan mencakup negosiasi dan penyelidikan spesialis.
Beladirinya dinamakan Savate.

Epilog

Itu saja yang bisa saya sajikan hasil merangkum dari berbagai sumber, bisa dilihat di sini atau disini. Sudah saatnya bangsa ini bangga dengan harta kekayaan lain yang masih tersisa. Jangan sampai aset-aset berharga pergi satu per satu dan hanya menyisakan orang-orang bodoh yang akan menyusahkan bangsa dan negaranya. 

Saat ditinggal tokoh sekaliber BJ Habibie dan Sri Mulyani, boleh jadi kita tinggal nyengir kuda, pura-pura menyesal atau merasa kehilangan. Oleh karena itu sudah sewajarnya jika kita berbangga dengan kiprah Kopassus atau pasukan-pasukan lainnya yang dengan tulus mengantarkan nyawanya demi nusa dan bangsa. Negara ini bukan dibangun oleh politisi-politisi busuk yang tak tahu malu.
Catatan : 

Untuk video latihan militer pasukan elit Kamboja yang dilatih Kopassus, bisa dilihat disini. Lihat video pd menit 7.48, tentara Kamboja berkata, “Indonesian army training commando the best number three in the world”
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...