Popular Posts

Tarik Ulur Pengadaan Kapal Selam Kelas Kilo

All hands,
Indonesia nampaknya kembali mempertimbangkan pengadaan kapal selam proyek 877EKM dari Rusia. Perkembangan itu membuktikan betapa banyaknya tarik ulur dalam rencana pengadaan kapal selam buatan Moskow itu dalam hampir 10 tahun terakhir. Semua itu bisa dilacak dari apa yang terjadi selama hampir 10 tahun terakhir.
Pada 2005-2007, kekuatan laut Indonesia sangat condong untuk pembelian kapal selam kelas Kilo. Namun pada 2007-2008, Angkatan Laut negeri ini kembali pikir-pikir karena terjadinya pergantian pada kepemimpinan kekuatan laut Indonesia. Pada 2009, kecondongan untuk membeli kapal selam proyek 877EKM sempat kembali menguat. Namun pada akhirnya sekitar 2010-2011, kekuatan laut Indonesia memutuskan membeli kapal selam kelas U-209 versi fotokopi dari Korea Selatan.
Kini muncul lagi wacana kapal selam kelas Kilo. Menurut prediksi ke depan, wacana ini akan kembali bagaikan lingkaran setan. Meminjam istilah yang populer di lingkungan Angkatan Laut Indonesia, wacana pengadaan kapal selam dari Rusia akan kembali "mbulet". 





















































































Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...