Popular Posts

Sasaran Penyadapan Australia

All hands,
Sejak puluhan tahun silam sudah tak menjadi rahasia lagi kalau salah satu sasaran penyadapan Australia di Indonesia adalah jaringan komunikasi Angkatan Laut Indonesia. Jaringan komunikasi itu memang rentan karena sebagian besar belum terlindungi dengan baik, khususnya melalui penggunaan enskripsi. Kalaupun terdapat penggunaan enskripsi, rutinitas pemeriksaan sistem dan penggantian sandi juga masih menjadi tantangan tersendiri.
Menghadapi kondisi itu, perlu adanya perubahan paradigma dalam pengamanan jaringan komunikasi di lingkungan Angkatan Laut. Pengamanan jaringan komunikasi ini sangat krusial karena menyangkut kerahasiaan dalam operasi. Terlebih lagi KRI setiap empat jam harus melaporkan posisinya, sementara tidak semua kapal perang memiliki sistem enksripsi dalam jaring komunikasinya. 
Emisi sinyal memang tidak dapat disembunyikan, kecuali sumber pancaran sinyal tersebut dimatikan. Namun kebocoran data suara dan lain sebagainya dapat dicegah apabila sistem enskripsi terbangun dengan baik dan senantiasa "dirawat". Apabila hal demikian sudah terbangun, masalah penyadapan Australia terhadap jaringan komunikasi Angkatan Laut Indonesia bukan suatu masalah yang luar biasa lagi. 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...