Popular Posts

Nasib Korvet Kelas Sigma


marinir TEAM-

All hands,
Sejak 2006 hingga saat ini, korvet kelas Sigma adalah kuda beban kekuatan operasi dan latihan Angkatan Laut Indonesia. Kapal perang buatan Belanda itu menjadi andalan dalam berbagai operasi dan latihan Angkatan Laut, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Karena menjadi kuda beban operasi dan latihan, salah satu tantangan yang dihadapi adalah dari aspek pemeliharaan, sebab teknologi yang diadopsi oleh kapal perang modular tersebut sangat berbeda dengan kapal kombatan lainnya yang ada dalam jajaran kekuatan laut negeri ini.
Sebentar lagi fregat eks Brunei asal Inggris akan memperkuat armada Angkatan Laut Indonesia. Tak sulit untuk menduga bahwa fregat itu akan menjadi kapal andalan utama dan pada akhirnya mempengaruhi korvet kelas Sigma. Singkatnya, korvet yang dibangun di galangan Damen tersebut akan mengalami sedikit penurunan grade, walaupun tetap akan menjadi andalan Indonesia. Dalam waktu yang bersamaan, korvet Sigma satu demi satu akan memasuki usia ke-10 tahun, suatu usia yang kritis bagi kapal perang di Indonesia.
Mengapa dikatakan kritis? Kapal perang di Indonesia pada tahun ke-10 mulai "sakit-sakitan" karena tingginya pemakaian pada 10 tahun pertama dan biasanya diikuti dengan kurangnya anggaran pemeliharaan dan perawatan. Akibatnya "penyakit" kapal perang yang sesungguhnya "ringan dan sedang" dan secara teknis bias diatasi, akan meningkat menjadi "parah" karena anggaran pemeliharaan dan perawatan yang tak lagi memadai. Misalnya, suku cadang yang tersedia di Dopus tak sesuai dengan kebutuhan, sehingga terjadi kanibalisasi.
Pada saat yang bersamaan, kapal kombatan yang baru masuk akan mendapat perhatian lebih, termasuk dari aspek pemeliharaan dan perawatan. Kapal perang baru tersebut akan menjadi capital ship yang akan dipamerkan ke negara-negara lain, baik dalam bentuk operasi maupun latihan. Pertanyaannya adalah apakah lingkaran setan seperti itu bisa diakhiri, sehingga korvet kelas Sigma tak memasuki daur hidup 10 tahun kedua tanpa harus "sakit-sakitan" dan mengalami downgrade?  
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...