Popular Posts

Mimpi Kapal Selam Rudal Balistik

All hands,
Indonesia nampaknya berambisi untuk memiliki kapal selam konvensional yang dilengkapi dengan rudal balistik. Guna mewujudkan ambisi itu, Indonesia mencoba menawar kepada Rusia terkait dengan desakan Moskow agar Jakarta mengakuisisi kapal selam kelas 877EKM Kilo. Pertanyaannya adalah apakah hal demikian realistis?
Jual beli kapal selam konvensional tidak dilarang dalam kesepakatan internasional. Hal yang terlarang adalah jual beli kapal selam nuklir, di mana celah yang diberikan adalah suatu negara dapat menyewakan kapal selam nuklirnya kepada negara lain. Sebagai contoh adalah tindakan India menyewa kapal selam nuklir kepada Rusia.
Sedangkan untuk rudal balistik, terdapat rezim MTCR yang melarang proliferasi rudal yang memiliki jarak jangkau lebih dari 300 km dan daya muat sebesar 500 kg. Kalau Indonesia selama ini dapat mengakses rudal P-800 Onyx alias 3M55 Yakhont, situasi demikian memungkinkan karena jarak jangkau rudal itu adalah maksimal 300 km alias masih sesuai dengan aturan MTCR.
Apabila Indonesia berambisi mempunyai kapal selam yang dipersenjatai dengan rudal balistik, maka hal itu harus dipenuhi dari dalam negeri. Pertanyaannya kemudian apakah rudal buatan Lapan-PT Pindad-PT Dirgantara Indonesia sudah siap operasional dalam waktu dekat, termasuk versi kapal selam? Bila Indonesia berharap Moskow memasok rudal balistik ke Indonesia, termasuk rudal yang dapat diluncurkan dari kapal selam, maka itu adalah tindakan bertepuk sebelah tangan. Rusia sangat terang benderang terikat dengan MTCR. 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...