Popular Posts

Lagi, Kebohongan Cina


marinir TEAM-
All hands,
Cina sejak lebih dari 10 tahun silam menyatakan bahwa kebangkitan Cina adalah peaceful rise. Pernyataan itu ditujukan untuk mencoba meredam kekhawatiran negara-negara di kawasan Asia Pasifik terhadap kebangkitan Cina yang dipandang berpotensi merusak stabilitas kawasan. Bahkan bagi negara-negara seperti Amerika Serikat dan Jepang, kebangkitan Cina diprediksi akan diikuti dengan upaya untuk mengubah status quo di kawasan Asia Pasifik.
Sudah banyak preseden bahwa peaceful rise adalah kebohongan Cina belaka di depan negara-negara kawasan. Sikap asertif Cina di Laut Cina Selatan adalah salah satu contoh betapa peaceful rise merupakan kebohongan semata. Kini kebohongan itu semakin diperkuat dengan penerapan ADIZ di Laut Cina Timur, dengan alasan sejarah bahwa Laut Cina Timur adalah wilayah Cina dari era Celestial Court zaman dahulu. 
Sangat jelas bahwa penerapan ADIZ di Laut Cina Timur adalah tindakan Cina yang menyingkap maksud Beijing sebenarnya di kawasan Asia Pasifik. Peaceful rise adalah slogan kebohongan belaka yang sangat sulit dipercaya oleh negara-negara kawasan Asia Pasifik. Kebohongan akan peacefull rise akan kembali terbukti ketika Beijing menerapkan ADIZ di Laut Cina Selatan beberapa waktu ke depan.
Pertanyaannya, masihkah para diplomat Indonesia percaya dengan kebohongan Cina tentang peaceful rise
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...