Popular Posts

Tingkah Laku Orang Kaya Baru


marinir TEAM-

All hands,
Cina baru saja menetapkan wilayah udara di atas Kepulauan Senkaku yang dimiliki oleh Jepang dan diklaim oleh Beijing sebagai ADIZ. Kebijakan Beijing itu tentu saja membuat marah Jepang karena Tokyo menganggap bahhwa Kepulauan Senkaku adalah miliknya. Adapun Beijing berpendapat bahwa Kepulauan Diayou merupakan wilayah Cina sejak ribuan tahun silam. Sebagaimana diketahui, Cina adalah negeri yang gemar mengklaim wilayah negara lain berdasarkan sejarah.
Penetapan ADIZ oleh negeri yang menindas Kaum Uighur itu terhadap Kepulauan Senkaku hendaknya dilihat sebagai ujicoba Beijing. Cina ingin mengukur bagaimana reaksi Jepang dan juga negara-negara lain di kawasan Asia Pasifik. Apabila reaksinya "biasa-biasa saja", bukan suatu kemustahilan suatu saat nanti Beijing akan menerapkan pula ADIZ di nine dash line yang memotong ZEE Indonesia di Laut Cina Selatan. 
Indonesia hendaknya cermat dalam melihat sengketa antara Tokyo dan Beijing, sebab template di Laut Cina  Timur sangat mungkin akan dipakai pula di Laut Cina Selatan.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...