Popular Posts

Simulator Kapal Perang


marinir TEAM-

All hands,
Untuk menjaga dan meningkatkan kemampuan dan kompetensi mengoperasikan kapal perang dengan berbagai subsistem senjata yang melengkapinya, dibutuhkan latihan secara berkelanjutan. Untuk mendukung hal tersebut, penggunaan simulator adalah salah satu cara yang efektif dan efisien. Sebab apabila upaya menjaga dan meningkatkan kemampuan dan kompetensi itu sepenuhnya bergantung pada operasional kapal perang, maka biaya yang akan dikeluarkan lebih besar lagi. 
Oleh sebab itu, peran simulator sangat penting. Sebagaimana halnya pesawat udara yang memiliki simulator sesuai dengan tipe pesawat yang ada, begitu pula dengan kapal perang. Setiap kelas kapal perang mempunyai simulator tersendiri dan biasanya simulator tersebut diproduksi oleh pihak ketiga bekerjasama dengan produsen kapal perang terkait.
Di masa lalu, ketika kekuatan laut Indonesia mengoperasikan kapal perang kelas Tribal asal Inggris, pengadaan kapal perang tersebut dilengkapi dengan paket simulator. Namun sayangnya setelah itu, tak ada lagi kapal perang Indonesia khususnya kapal kombatan yang dilengkapi dengan simulator dalam pengadaannya. Termasuk pula korvet kelas Sigma yang kini menjadi kapal andalan Angkatan Laut Indonesia.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...