Popular Posts

Pengadaan Kapal Patroli


marinir TEAM-

All hands,
Pembangunan kekuatan laut Indonesia saat ini salah satunya ditandai oleh pengadaan kapal patroli dalam jumlah besar. Parameternya adalah jumlah pesanan kapal patroli kelas KCR-60 dan KCR-40 yang dibangun oleh dua pabrikan yang berbeda kelas. Kedua jenis kapal patroli itu rencananya akan dilengkapi dengan rudal anti kapal C-705 buatan Negeri Tirai Internet.
Pengadaan kapal patroli dalam jumlah besar menunjukkan bahwa arah ke depan kekuatan laut Indonesia masih berfokus pada pertahanan pantai dan belum mengarah pada kekuatan laut regional. Sebab dalam waktu yang bersamaan, kapal kombatan juga masih difokuskan untuk beroperasi di wilayah sendiri. Hal ini tentu saja tidak berbanding lurus dengan ambisi World Class Navy, di mana dengan status yang terakhir seharusnya fokus Angkatan Laut Indonesia bukan lagi pada keamanan wilayah sendiri, namun pada peran di luar Indonesia dalam rangka menjaga stabilitas kawasan.
Eksistensi kapal patroli memang dibutuhkan oleh kekuatan laut negeri ini. Akan tetapi perlu diseimbangkan antara jumlah kapal patroli itu dengan ambisi untuk menuju World Class Navy. Salah satunya adalah dengan memberikan ruang yang lebih luas kepada kapal kombatan untuk terlibat pada misi-misi internasional, sementara kapal patroli berfokus pada keamanan wilayah sendiri. Angkatan Laut Indonesia perlu belajar soal hal demikian pada Angkatan Laut Kerajaan Australia, walaupun pemerintah Australia masih terus menyadap komunikasi Indonesia.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...