Popular Posts

Latihan Cina Di Laut Cina Selatan


marinir TEAM-

All hands,
Angkatan Laut Cina alias PLAN tengah menyebarkan kapal induk Liaoning ke Laut Cina Selatan untuk kepentingan latihan. Sejak beberapa tahun terakhir, Beijing sangat rajin mengadakan latihan militer di perairan yang jauh dari wilayahnya. Misalnya latihan di Pasifik Barat sebelah timur Jepang.
Latihan kapal induk Cina di Laut Cina Selatan adalah bagian dari upaya Beijing untuk menegaskan klaimnya di Laut Cina Selatan. Pula dapat dilihat sebagai upaya untuk belajar mengelola interoperabilitas antar kapal permukaan, termasuk dengan kapal induk.
Skenario yang perlu diwaspadai adalah kemungkinan Cina untuk secara rutin  menggelar kapal induk di Laut Cina Selatan. Hal itu akan meningkatkan ketegangan di kawasan. Untuk itu, selain dibutuhkan langkah-langkah diplomatik, dibutuhkan pula langkah-langkah untuk menantang militer Cina secara langsung di perairan itu. Misalnya dengan mengamati latihan militer mereka. Sebagai orang kaya baru, Cina tak paham dengan bahasa diplomatik namun paham dengan bahasa militer.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...