Popular Posts

Latihan Bersama Kapal Selam

marinir TEAM-

All hands,
Kapal selam memang senjata pamungkas bagi setiap Angkatan Laut yang memilikinya. Meskipun menyandang status itu, keunggulan senjata pamungkas harus teruji dan bukan sekedar gembar-gembor saja tanpa bukti. Untuk itu, salah satu peluang yang harus dimanfaatkan adalah melaksanakan latihan bersama kapal selam dengan negara lain. Latihan bersama yang dimaksud bukan latihan rescue kapal selam, tetapi latihan peperangan kapal selam. 
Mengapa harus menggandeng Angkatan Laut lain untuk latihan itu? Pertama, untuk mendekati kondisi sesungguhnya. Kalau latihan kapal selam diadakan secara sepihak alias latihan internal Angkatan Laut saja, maka latihan yang dilaksanakan cenderung tidak sungguh-sungguh. Karena "lawan" yang dihadapi adalah kawan sendiri, khususnya kapal atas air. Bahkan latihan itu cenderung sebagai pre-memori saja dan sangat jauh dari kondisi yang mendekati keadaan sesungguhnya dalam peperangan kapal selam.
Kedua, untuk menguji taktik yang dimiliki. Taktik yang dimiliki dalam peperangan kapal selam perlu diuji dalam keadaan yang mendekati kondisi sesungguhnya. Meskipun sebagian pihak bersikeras bahwa taktik kapal selam adalah rahasia, tetapi tanpa lewat ujian tak dapat dibuktikan keampuhan taktik yang diyakini itu. Kalaupun pada akhirnya mitra latihan mengetahui taktik itu, masih tersedia banyak pilihan untuk mengembangkan taktik baru. Harap diingat bahwa setiap tipe kapal selam membutuhkan taktik yang berbeda karena perbedaan karakteristik, di samping juga keampuhan taktik tergantung pada kondisi kolom air di mana kapal selam itu beroperasi.
Ketiga, untuk mengetahui karakteristik operasional kapal selam mitra latihan. Karakteristik operasional kapal selam negara lain tak dapat mengandalkan data yang tersedia dari pabrikan atau bermacam publikasi seperti Jane's Fighting Ships saja, tetapi harus pula dikumpulkan dari operasional di kolom air. Oleh karena itu, latihan bersama kapal selam adalah kesempatan baik guna mengumpulkan data karakteristik kapal selam negara lain.
Latihan kapal selam bukan hal yang tabu bagi banyak Angkatan Laut. Amerika Serikat rajin menggelar latihan bersama kapal selam dengan negara-negara operator kapal selam diesel elektrik. Misalnya dengan Australia, Brazil, Swedia, Jepang dan lainnya. Semestinya Angkatan Laut Indonesia tak alergi dengan latihan bersama kapal selam. Toh Indonesia bukan satu-satunya pengguna kapal selam U-209 di muka bumi ini. 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...