Popular Posts

Uji Coba Kapal Perang Baru

marinir TEAM-

All hands,
Angkatan Laut Brazil telah menempuh cara baru dalam uji coba kapal perang barunya. Alih-alih melaksanakan sea trial di wilayahnya, kapal perang baru yang dibuat oleh galangan nasional negeri itu melaksanakan kunjungan ke sejumlah negara di pantai barat Afrika. Karena secara geografis Brazil terletak di Amerika Selatan, mau tak mau kapal perang baru tersebut harus menyeberangi Samudera Atlantik Selatan yang tak pernah ramah kepada para pelaut.
Cara Brazil dalam sea trial kapal perang barunya menghasilkan dua keuntungan sekaligus bagi negeri yang konsisten mengembangkan industry pertahanan nasional itu. Pertama, kapal perang yang baru ke luar dari galangan diuji coba pada medan laut yang sesungguhnya, sehingga bisa diketahui bagaimana kelebihan dan kekurangan wahana perang itu guna dilaksanakan perbaikan pasca sea trial. Kedua, diplomasi Angkatan Laut. Kapal perang yang baru diluncurkan dari galangan itu melaksanakan diplomasi Angkatan Laut dalam arti sesungguhnya ke sejumlah negara Afrika Barat untuk menunjukkan sikap politik Brazil. Ketiga, pemasaran produk pertahanan. Uji coba dengan sasaran wilayah Afrika Barat sekaligus berfungsi sebagai upaya untuk promosi dan pemasaran produk pertahanan Brazil.
Indonesia perlu melaksanakan hal demikian pada sistem senjata tertentu yang dibuat oleh galangan dalam negeri. Dengan catatan bahwa kapal perang yang melaksanakan uji coba itu telah siap semua subsistemnya dan bukan sekedar platform kapal perang tanpa main gun. Pula harus diperhatikan jenis kapal perang yang hendak diuji coba ke luar wilayah Indonesia. Tak semua kapal perang dirancang untuk mampu berlayar lama dan jauh.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...