Popular Posts

Prioritas Kapal Selam Australia

marinir TEAM-

All hands,
Salah satu agenda utama Menteri Pertahanan Australia yang baru Davis Johnston adalah mengenai kesiapan operasional kapal selam Australia. Masalah kesiapan kapal selam itu merupakan warisan pemerintahan Partai Buruh dan Partai Buruh pun mewarisinya dari penguasa sebelumnya yaitu Partai Liberal. Kini Partai Liberal kembali harus berhadapan dengan isu yang sama yang pernah ditangani sekitar hampir 10 tahun silam.
Dalam urusan kapal selam, Australia kini berada di persimpangan jalan. Di satu sisi, pemerintahan Partai Buruh telah mencanangkan proyek SEA 1000 yaitu konstruksi 12 kapal selam konvensional pengganti kelas Collins. Namun karena berbagai masalah teknis, konstruksi 12 kapal selam diesel elektrik tersebut dipastikan mengalami keterlambatan sehingga terlambat pula dalam memasuki dinas operasionalnya.
Pada sisi lain, kapal selam kelas Collins yang telah menjalani modernisasi terus didera berbagai masalah teknis. Akibat berbagai permasalahan yang mendera itu, hasil penelitian terbaru yang dibiayai oleh pemerintah Australia menunjukkan bahwa kapal selam yang dibangun di galangan ASC itu terancam akan pensiun beberapa tahun sebelum kapal pertama dari Future Submarine bergabung dengan Angkatan Laut Kerajaan Australia.
Situasi demikian yang menjadi latar belakang mengapa senator asal Australia Barat itu menjadikan isu kapal selam Australia sebagai salah satu agenda utamanya. Di antara pesan yang bias ditarik dari hal tersebut adalah betapa nilai strategis kapal selam sangat disadari oleh Australia, sehingga terdapat perhatian khusus terhadap sistem senjata itu.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...