Popular Posts

Pencapaian Semu MEF

marinir TEAM-

All hands,
Saat ini pembangunan kekuatan pertahanan Indonesia tengah dilakukan dilakukan melalui program MEF. Dalam MEF, dilaksanakan pengadaan berbagai sistem senjata baru guna menggantikan sistem senjata yang sudah seharusnya menjadi koleksi museum. Penggantian sistem senjata itu memang patut untuk dihargai.
Akan tetapi ada pula matra militer dalam program MEF yang lebih banyak melaksanakan perbaikan atau modernisasi sistem senjata lama daripada pengadaan sistem senjata baru. Tak menjadi masalah kalau sistem senjata yang diperbaiki baru berusia dua puluh tahun. Kenyataannya, sistem senjata yang diperbaiki usianya terbentang antara 30-46 tahun. 
Kalau ditinjau dari sisi ekonomis, sistem senjata yang berusia 30-46 tahun lebih murah apabila dimasukkan ke dalam museum daripada diperbaiki atau modernisasi lagi. Apalagi fakta menunjukkan bahwa modernisasi yang dilaksanakan bersifat setengah hati. Sebagai contoh adalah penggantian sistem radar dengan teknologi radar yang kurang tepat digunakan untuk sistem senjata jenis tertentu. Contoh berikutnya adalah adanya subsistem senjata yang tak diprioritaskan untuk dimodernisasi walaupun sebenarnya dibutuhkan untuk kepentingan operasional.
Berdasarkan hal tersebut, pencapaian MEF selama ini sebenarnya bersifat semu selama dalam program MEF masih memberikan toleransi pada kehadiran sistem senjata yang sudah melebihi perhitungan ekonomis. Indikator keberhasilan MEF tak bisa hanya dilihat dari keberhasilan satu atau dua matra militer dalam melaksanakan pengadaan sistem senjata baru, tetapi harus melihat semua matra terkait. Bukan suatu hal yang dapat disebut sebagai pencapaian apabila ada matra yang masih mengandalkan sistem senjata yang sudah seharusnya menghuni museum dalam program MEF. Seharusnya MEF lebih menekankan pada modernisasi sistem senjata, dalam arti pengadaan sistem senjata baru, pada semua matra militer. 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...