Popular Posts

Model Korps Marinir

marinir TEAM-

All hands,
Dalam organisasi Korps Marinir di dunia, setidaknya terdapat dua role model Marinir. Pertama adalah yang mengacu pada role model US Marine Corps. Kedua adalah yang berkiblat pada role model Royal Marines. Terdapat sejumlah perbedaan antara kedua role model tersebut.
Pertama, organisasi. US Marine Corps adalah salah satu matra Angkatan dalam tubuh Angkatan Bersenjata Amerika Serikat. Korps Marinir Paman Sam berdiri sendiri dan terpisah dari US Navy, namun keduanya berada di bawah Departemen Angkatan Laut yang dipimpin oleh seorang Menteri. Sedangkan Royal Marines sepenuhnya berada di dalam Royal Navy.
Kedua, doktrin. Korps Marinir Amerika Serikat menganut doktrin ekspedisionari di mana dalam melaksanakan doktrin tersebut kekuatan US Marine Corps beroperasi bersama dengan kekuatan Angkatan Laut Amerika Serikat. Sebagaimana diketahui, Korps Marinir Amerika Serikat memiliki Wing Udara sendiri yang beroperasi dari kapal serbu amfibi milik US Navy. Sedangkan Royal Marines tak menganut doktrin ekspedisionari, meskipun senantiasa terlibat dalam operasi militer Inggris di seberang lautan.
Negara-negara yang memiliki Korps Marinir dalam organisasi Angkatan Bersenjatanya, baik yang tergabung dalam Angkatan Laut maupun berdiri sendiri, secara umum merancang organisasinya dengan mengacu pada salah satu dari dua role model tersebut. Mayoritas negara-negara itu mengadopsi role model Korps Marinir Amerika Serikat, kecuali negara-negara Persemakmuran yang mengacu pada bekas penjajahnya. 
Korps Marinir Indonesia sepenuhnya menjadikan Korps Marinir Amerika Serikat sebagai role model, minus  doktrin ekspedisionari. Begitu pula dengan Thailand yang mempunyai Royal Thai Marine Corps. Bahkan lambang Korps Marinir Indonesia dan Thailand pun desainnya mengacu pada lambang USMC. Philippines Marine Corps pula menjadikan US Marine Corps sebagai role model dan hal itu sangat bisa dipahami karena ikatan sejarah antara Manila dan Washington. Indonesia dan Thailand serta Filipina adalah tiga negara Asia Tenggara yang mempunyai Korps Marinir, sedangkan negara-negara lain di kawasan yang sama tak memilikinya.
Sekarang Negeri Tukang Klaim akan segera membentuk Korps Marinir yang antara lain dipercepat karena militer negeri itu dibikin kalang kabut oleh aksi kelompok bersenjata asal Sulu. Pertanyaannya adalah apakah Korps Marinir Negeri Tukang Klaim akan kembali menginduk kepada negara bekas penjajahnya dalam hal role model
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...