Popular Posts

Memelihara Rudal

marinir TEAM-
All hands,
Pengadaan rudal permukaan ke permukaan bagi Angkatan Laut, termasuk rudal dengan daya jelajah hingga 300 km, dilaksanakan dengan menyedot anggaran yang tidak sedikit. Sepanjang anggaran yang dikeluarkan sepadan dengan kemampuan rudal yang dibeli, hal itu merupakan suatu kewajaran. Namun tantangan yang selanjutnya muncul adalah menyangkut kemampuan pemeliharaan rudal tersebut.
Selama rudal tidak dipakai, entah terpasang di kapal perang atau tersimpan di arsenal, senantiasa dibutuhkan pemeriksaan periodik yang mengacu pada manual pabrik. Untuk pemeliharaan tersebut, tantangan yang muncul adalah setelah masa jaminan dari penjual berakhir. Selama masa jaminan masih berlaku, pemeliharaan akan mendapat dukungan penuh dari pabrikan.
Sedangkan panjang pendeknya masa jaminan tergantung dari kontrak yang ditandatangani oleh produsen dan konsumen. Bisa saja masa jaminan tiga bulan, tujuh bulan, satu tahun, dua tahun dan berikutnya. Semua itu tergantung kesepakatan antara kedua belah pihak, di mana penentuan masa jaminan itu lebih sering tergantung kemauan konsumen. Sebab ada konsumen yang meminta masa jaminan hanya berlaku tiga atau empat bulan, bukan tahunan seperti yang lazimnya berlaku.
Bagi sejumlah Angkatan Laut, seringkali tercipta kesenjangan antara kemampuan membeli rudal dengan kemampuan memelihara rudal itu sampai digunakan atau sampai life time-nya habis. Kondisi serupa dialami pula oleh kekuatan laut Indonesia dan hingga kini isu tersebut seolah belum menemukan solusi tuntas.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...