Popular Posts

Diplomasi Angkatan Laut Di Asia Timur

marinir TEAM-

All hands,
Kekuatan laut Indonesia dapat dikatakan sangat jarang atau bahkan belum pernah melaksanakan diplomasi Angkatan Laut di kawasan Asia Timur. Diplomasi Angkatan Laut yang dimaksud bukan tentang navy to navy talks, tetapi penyebaran kapal perang Indonesia ke pangkalan Angkatan Laut sejumlah negara Asia Timur. Kapal perang yang dimaksud bukan kapal layar tiang tinggi, tetapi kapal kombatan.
Mengapa diplomasi Angkatan Laut Indonesia di Asia Timur penting untuk dilaksanakan? Pertama, hubungan bilateral antar Angkatan Laut. Indonesia mempunyai forum navy to navy talks dengan sejumlah Angkatan Laut di kawasan Asia Timur. Bahkan sejumlah kapal perang dari Angkatan Laut negara-negara Asia Timur setiap tahunnya menyempatkan singgah dan berlabuh di Indonesia. Sebaliknya Indonesia nyaris belum pernah melaksanakan asas resiprokal atas kunjungan kapal perang beberapa negara Asia Timur tersebut.
Kedua, kerjasama industri pertahanan. Saat ini terdapat negara Asia Timur yang memasukkan dirinya sebagai salah satu pemasok kapal perang bagi Angkatan Laut Indonesia. Untuk merespon hal tersebut, sudah sepantasnya Indonesia melaksanakan diplomasi Angkatan Laut ke negara tersebut untuk menjaga hubungan baik kedua negara, termasuk di bidang industri pertahanan. Hubungan baik dengan negara pemasok kapal perang dibutuhkan agar pasokan logistik tetap lancar di masa depan.
Ketiga, dinamika keamanan kawasan. Dinamika keamanan kawasan Asia Pasifik antara lain ditentukan pula oleh peran negara-negara Asia Timur. Indonesia melalui ASEAN, ASEAN Regional Meeting dan East Asian Summit (EAS) berupaya untuk berperan aktif dalam menata arsitektur keamanan kawasan. Langkah Indonesia itu harus didukung pula oleh Angkatan Laut dalam bentuk diplomasi Angkatan Laut. Sehingga tercermin adalah sinergi antara diplomasi yang dilaksanakan oleh Departemen Luar Negeri dan diplomasi yang dilakukan oleh Angkatan Laut. 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...