Popular Posts

Coast Guard Di Laut Cina Selatan

marinir TEAM-

All hands,
Salah satu kecenderungan yang patut untuk diperhatikan dalam sengketa Laut Cina Selatan adalah pengarusutamaan Coast Guard. Mayoritas negara-negara pengklaim di perairan itu mengarusutamakan Coast Guard untuk menegaskan klaimnya. Hanya Filipina yang masih mengarusutamakan Angkatan Laut.
Mengapa Coast Guard diarusutamakan oleh Cina, Taiwan dan Vietnam? Sebab dengan mengarusutamakan Coast Guard berarti kesan yang ditimbulkan oleh masing-masing pihak adalah  persoalan utama adalah soal administratif belaka. Sebab Coast Guard berfungsi pada tataran governing. Dengan demikian, semua negara pengklaim berpendapat bahwa mereka hanya menegakkan hukum di wilayah administratif mereka belaka, bukan merebut wilayah negara lain.
Lalu bagaimana dengan Indonesia? Jakarta harus selalu  menegaskan klaimnya terhadap wilayah Laut Natuna dan ZEE di Laut Cina Selatan. Karena Cina hobi melanggar di kedua wilayah itu dengan  mengirimkan kapal ikannya untuk mencuri ikan, sebaiknya Indonesia mengarusutamakan peran Coast Guard di sana dan bukan peran Angkatan Laut.
Kenapa demikian? Sebab kegiatan pencurian ikan itu harus dihadapi dengan "pendekatan administratif". "Pendekatan administratif" yang dimaksud menekankan pada fungsi governing, sebab di kedua perairan itu ada kedaulatan dan hak berdaulat Indonesia. 
Hanya saja, hingga saat ini di Indonesia masih terjadi perebutan kewenangan untuk menjadi Coast Guard. Padahal secara nyata Indonesia sudah memiliki Coast Guard, namun dengan kewenangan yang masih terbatas.    
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...