Popular Posts

Alutsista Untuk Parade dan Defile

marinir TEAM-

All hands,
Eksistensi alutsista dalam jajaran Angkatan Bersenjata suatu negara adalah untuk menimbulkan deterrence di masa damai dan mampu melumpuhkan lawan di masa perang. Untuk mencapai kondisi tersebut, dibutuhkan adanya komitmen anggaran yang kuat dan konsistensi agar alutsista yang dibeli ditopang pula oleh ketersediaan anggaran pemeliharan dan perbaikan yang memadai. Sehingga alutsista yang ada memiliki tingkat kesiapan yang tinggi sesuai dengan JOP JOG yang sesungguhnya.
Isu kesiapan operasional alutsista adalah pekerjaan rumah yang hingga kini belum mampu diselesaikan oleh Indonesia, walaupun dalam beberapa tahun terakhir anggaran pertahanan terus mengalami peningkatan. Latihan puncak tingkat Angkatan dan latihan gabungan TNI tidak dapat dijadikan parameter tingkat kesiapan sesungguhnya alutsista yang dipunyai oleh militer negeri ini.
Begitu pula parade dan defile alutsista pada HUT TNI. Bahkan tak dapat dipungkiri adanya nada minor bahwa pengadaan alutsista ditujukan untuk kepentingan parade dan defile belaka, bukan untuk kepentingan operasional sesungguhnya. Nada minor demikian tak dapat disalahkan karena berangkat dari kenyataan yang ada. Tantangan ke depan adalah bagaimana membalikkan keadaan sehingga nada minor demikian tak lagi muncul di masa depan.
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...