Popular Posts

Alternatif Kapal Selam Australia

marinir TEAM-

All hands,
Australia yang memiliki program SEA 1000 kini memiliki dua alternatif untuk future submarine. Alternatif pertama adalah merancang dan mengembangkan kapal selam yang sepenuhnya baru dan juga bukan off the shelve. Sedangkan alternatif kedua adalah merancang dan mengembangkan kapal selam baru berdasarkan pengembangan desain kapal selam kelas Collins. Peluang untuk alternatif kedua terbuka lebar bagi Australia setelah pemerintah Negeri Kangguru menandatangani perjanjian intellectual property right (IPR) dengan Kockums, Swedia. Sebagaimana diketahui, Kockums adalah galangan kapal selam Swedia yang memegang IPR atas kapal selam kelas Collins dan galangan tersebut sejak beberapa tahun lalu telah dikuasai sahamnya oleh HDW yang merupakan divisi bisnis dari TKMS, Jerman.
Australia sampai saat ini belum mengambil keputusan tentang detail desain kapal selam masa depan. Nampaknya keputusan itu masih harus menunggu terbitnya Buku Putih Pertahanan yang menurut desain dari Koalisi Liberal-Nasional yang berkuasa akan diterbitkan 18 bulan dari saat ini. Kesepakatan antara pemerintah Australia dan Kockums mengenai IPR kapal selam kelas Collins akan memperbanyak alternatif bagi negeri itu untuk menentukan pilihannya atas program SEA 1000. Sebagai contoh, terbuka peluang bagi pemerintah Australia untuk merancang dan mengembangkan kapal selam baru dengan beberapa aspek mengacu pada kapal selam kelas Collins.
Alternatif tersebut sangat dibutuhkan Australia saat ini karena terdapat ancaman bahwa kapal selam kelas Collins akan dapat pensiun dini sebelum 2025, yaitu tahun di mana kapal selam pertama pengganti memasuki masa dinas di jajaran Angkatan Laut Kerajaan Australia. Ancaman pensiun dini itu muncul karena adanya berbagai masalah teknis yang menghantui kapal selam buatan ASC itu, misalnya tingkat kebisingan sistem propulsi, masalah di sekitar conning tower dan lain sebagainya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...