Popular Posts

Visi Regional

All hands,
Sebagaimana diketahui, PT PAL kini diambang kemenangan untuk tender pengadaan dua SSV di negeri kelahiran Jose Rizal. Masih ada sejumlah isu teknis yang akan diverifikasi oleh Departemen Pertahanan Filipina ke galangan kapal itu di Surabaya sebelum pengumuman resmi tentang pemenang tender SSV diumumkan. Apabila industri perkapalan peninggalan Belanda itu mampu lolos dari verifikasi, maka dapat dipastikan tender SSV akan menjadi kemenangan pertama PT PAL di tingkat regional.
Memperhatikan kondisi pasar saat ini, PT PAL sebaiknya lebih banyak bermain di pasar regional dalam urusan produksi kapal perang. Mengapa demikian? Faktor ekonomis menjadi alasan utama di mana pasar internasional lebih menguntungkan secara ekonomis dibandingkan pasar dalam negeri. Pasar dalam negeri penuh dengan ketidakpastian dan dari sisi ekonomi cenderung lebih sering merugikan daripada menguntungkan. Bahkan terkesan perusahaan ini dilarang untung untuk proyek pengadaan kapal perang pesanan kekuatan laut Indonesia. Padahal tanpa meraih keuntungan berarti secara tidak langsung mempersilakan sumberdaya manusia di perusahaan galangan kapal pelat merah itu untuk mencari pekerjaan yang lebih baik karena perusahaan tak mampu menjaga "dapur" pekerjanya.
Bermain di pasar regional akan lebih menguntungkan, sebab akan mengurangi berbagai hal-hal yang tidak ekonomis. Selain itu, ada kepastian tentang pesanan kapal yang harus diproduksi sehingga berbagai hal yang terkait dengan kapasitas produksi dapat disiapkan sejak dini. 
Apabila PT PAL nantinya lebih banyak bermain di pasar regional, hal itu sangat tidak tepat sebagai dipandang tidak nasionalis. Justru dengan bermain di pasar regional, daya saing perusahaan itu dapat diukur dengan jelas. Selain itu, perusahaan itu juga harus meraih keuntungan mengingat statusnya adalah BUMN. Daya serap pasar dalam negeri belum dapat diandalkan untuk menyerap produk perusahaan ini, di samping kecilnya keuntungan yang diraih. Akan lebih membanggakan apabila perusahaan nasional seperti PT PAL menang tender di luar negeri daripada menang tender atau bahkan mendapatkan proyek di dalam negeri. 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...