Popular Posts

TARUNA TINGKAT II SELESAI LAKSANAKAN LATTEK JALASESYA

marinir TEAM-
Sebanyak 89 Kadet Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat II Angkatan 61 semua korps yaitu korps pelaut, teknik, elektonika, suplai dan marinir telah melaksanakan Latihan Praktek Jalasesya tahun 2013. Lama latihan yang berlangsung selama 13 hari ini, mengambil lokasi latihan meliputi Laut Jawa, Selat Makassar, Palu dan Balikpapan. Satlat ini diterima kembali di AAL melalui upacara militer yang dilaksanakan di Lapangan Banda AAL, Bumimoro, Surabaya, Kamis (26/9/2013).

Gubernur AAL Laksda TNI I.N.G.N. Ary Atmaja, S.E. dalam sambutannya mengatakan bahwa Latihan praktek jalasesya merupakan latihan pelayaran bagi taruna tingkat II AAL yang berjenjang dan terprogram didalam kalender pendidikan AAL yang telah ditetapkan. “Tujuannnya agar para taruna tingkat II ini dapat mengenal secara langsung kehidupan di laut, juga menanamkan dan menumbuhkan jiwa bahari serta jiwa kejuangan sebagai prajurit matra laut” ujar alumni AAL 1984 ini.

Berbagai kegiatan yang telah dilakukan Satlat Jalasesya di daerah yang dikunjungi seperti Palu dan Balikpapan yaitu melaksanakan promosi ke sekolah-sekolah sebagai salah satu bentuk penunjukan kepada masyarakat bahwa TNI AL terus berkembang dalam memupuk kemampuannya sebagai pengawal wilayah kedaulatan NKRI serta wilayah laut yurisdiksi nasional. Selain itu juga melaksanakan kirab kota dengan Genderang Suling Gita Jalataruna dan melaksanakan olahraga bersama dengan masyarakat Balikpapan yang merupakan bukti kemanunggalan TNI dan masyarakat.

Selain juga yang diaktualisasikan dalam wujud kegiatan sosial kemanusiaan yang secara langsung dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat khususnya di daerah latihan. Taruna sebagai generasi muda harapan bangsa di masa depan, dituntut untuk dapat menunjukkan tekad dan semangat pengabdian kepada Bangsa dan Negara, sekecil apapun dari tingkat kepedulian kadet kepada masyarakat, Bangsa dan Negara merupakan hal yang positif dan perlu ditumbuh kembangkan terus dikemudian hari.

Disamping itu yang paling penting untuk Pelayaran Jalasesya ini, Gubernur mengatakan bahwa latihan ini merupakan latihan untuk mengaplikasikan pengetahuan navigasi datar, kebaharian, keselamatan jiwa di laut, pengenalan kapal serta pengetahuan tentang kehidupan di kapal. ”Calon perwira TNI AL harus mengenal kehidupan kapal mulai dari navigasi pelayaran, dinas dalam dikapal selama berlayar dan fungsi dan tanggung jawab seluruh departemen yang ada dikapal” jelasnya mengakhiri
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...