Popular Posts

Tantangan Di Filipina

All hands,
Kalau pada akhirnya Manila menetapkan PT PAL sebagai pemenang tender strategic sealift vessels, hal itu merupakan pijakan baru bagi perusahaan yang berbasis di Surabaya tersebut. Kemenangan itu juga sekaligus melahirkan tantangan tersendiri bagi BUMN perkapalan itu untuk bersaing di pasar regional dan internasional. Karena kinerja dalam membangun kapal perang jenis LPD itu akan menjadi catatan negara-negara lain yang berminat menjadi konsumen berikutnya dari galangan yang didirikan oleh Koninklijke Marine itu di abad silam.
Di antara tantangan yang dihadapi oleh PT PAL adalah bagaimana menyelesaikan kontrak tepat waktu. Ketika membangun sejumlah kapal LPD yang dipesan oleh kekuatan laut Indonesia, perusahaan yang dibesarkan oleh BJ Habibie ini seringkali harus mengamandemen kontrak karena pengerjaan pembangunan kapal yang meleset dari kontrak awal. Sebagai dampak dari amandemen itu, galangan kapal yang di masa lalu dipunyai oleh Angkatan Laut Indonesia itu harus membayar denda keterlambatan kepada konsumen.
Kinerja buruk demikian diharapkan tidak terulang kembali apabila memang Departemen Pertahanan Filipina jadi memutuskan PT PAL sebagai pemenang tender pengadaan dua SSV bagi Angkatan Laut negeri yang tengah bersengketa dengan Cina di Laut Cina Selatan itu.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...