Popular Posts

Rekrutmen Awak Kapal Selam Baru

All hands,
Pengadaan kapal selam fotokopi dari Korea Selatan oleh Indonesia memiliki konsekuensi pada penambahan personel awak kapal selam. Jumlah awak kapal selam saat ini yang tersedia pada Satuan Kapal Selam Armatim apabila ditambah dengan tiga kapal selam baru tidak akan mencukupi. Setidaknya dibutuhkan perekrutan baru untuk mengisi dua kapal selam baru, sementara satu kapal selam baru masih dapat ditutupi dengan ketersediaan personel saat ini.
Untuk menghadapi situasi itu, sejak dini dibutuhkan rekrutmen baru untuk awak kapal selam. Rekrutmen itu dibutuhkan karena selain untuk mengawaki kapal selam yang akan masuk nantinya, juga dibutuhkan waktu untuk mampu melahirkan awak kapal selam yang memiliki keterampilan yang memadai dan matang. Sebab keterampilan itu hanya bias diraih melalui pelatihan yang intensif.
Indonesia harus belajar dari pengalaman Australia dalam mengoperasikan kapal selam, di mana dari enam kapal selam Negeri Koala itu, awak kapal selam yang tersedia hanya mampu mengisi dua kapal selam saja. Jangan sampai kendala pengoperasian kapal selam di masa depan bertambah lagi. Kalau saat ini kendala pengoperasian senjata bawah air itu adalah masalah teknis karena korban dari alokasi yang kurang tepat di tengah keterbatasan anggaran, di masa depan diharapkan masalah tak bertambah dengan alasan ketersediaan sumberdaya manusia pengawak.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...