Popular Posts

Menunggu Kebijakan Abbott

All hands,
Kemenangan Tony Abbott dari Partai Liberal atas Kevin Rudd dalam pemilu Australia bukan suatu hal yang mengejutkan. Sebab kondisi itu sudah dapat diprediksikan sebelumnya berdasarkan survei di Australia yang menunjukkan kekecewaan masyarakat Negeri Kangguru terhadap kebijakan Partai Buruh selama tiga tahun terakhir. Sebagaimana diketahui, pajak karbon yang diterapkan oleh partai yang sebelumnya dipimpin oleh Julia Gillard tersebut banyak melahirkan penentangan dari publik Australia sehingga mereka berpaling kepada partai yang dulunya dipimpin oleh John Howard itu.
Kini masyarakat Asia Pasifik menunggu apa kebijakan yang akan digariskan oleh Tony Abbott dalam konteks politik dan keamanan. Satu hal yang pasti, Canberra di bawah Tony Abbot akan mengurangi kadar kedermawanannya lewat AusAid. Terkait dengan Indonesia, Tony Abbott dalam kampanyenya telah berjanji bahwa kunjungan luar negeri pertama apabila meraih kursi mayoritas parlemen adalah ke Jakarta, sebelum sowan ke Washington dan London.
Janji Tony Abbott itu menandakan bahwa Jakarta adalah mitra penting bagi Canberra, baik dari sisi keamanan maupun ekonomi. Pertanyaannya adalah bagaimana kebijakan pertahanan Australia nantinya? Apakah Partai Liberal akan melakukan deviasi yang sangat jauh  dibandingkan Partai Buruh menyangkut kebijakan pertahanan? Beberapa bulan silam Tony Abbot telah berjanji bahwa dirinya akan menerbitkan Buku Putih Pertahanan pada 2014 apabila mampu menyingkirkan Kevin Rudd dari kursi Perdana Menteri.
Kalau melihat sejarah kebijakan pertahanan Australia di bawah kekuasaan Partai Liberal, khususnya yang terkait dengan Indonesia, Jakarta patut untuk waspada. Sebab seringkali kebijakan Partai Liberal berputar 180 derajat dibandingkan dengan kebijakan Partai Buruh. Partai Liberal seringkali tidak bersahabat dengan Indonesia, bahkan terkesan mengajak untuk "berkelahi". 
Penting untuk dipahami bahwa walaupun kebijakan mendasar kedua partai dalam bidang pertahanan adalah to defence Australia and its interests, akan tetapi Partai Liberal dalam implementasinya bersikap tidak bersahabat dengan Indonesia. Lihat saja kebijakan pertahanan era John Howard yang memunculkan banyak ketidaksenangan di Indonesia. Apakah Tony Abbott akan mengulangi pola yang sama dengan pendahulunya di Partai Liberal?
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...