Popular Posts

Mengejar Singapura

All hands,
Apabila dinilai secara obyektif, kekuatan laut Indonesia saat ini masih jauh dari memenuhi persyaratan untuk world class navy. Lihat saja kualitas sumberdaya manusia  pada semua jenjang kepangkatan, sistem perencanaan, kemampuan operasional dan juga dukungan logistik. Daripada mengejar mimpi yang tak akan pernah tercapai, lebih baik apabila Angkatan Laut Indonesia mencoba mengejar ketertinggalan dari Angkatan Laut Singapura.
Secara teknis, Angkatan Laut Singapura lebih berhak untuk mengklaim sebagai world class navy dibandingkan kekuatan laut Indonesia. Sebab sistem yang dibangun pada kekuatan laut negara kota itu memang dirancang untuk menciptakan suatu Angkatan Laut yang berkualitas internasional. Tak aneh kalau Angkatan Laut Singapura mampu berbicara pada tingkat internasional, baik pada aspek operasi maupun personel. Lihat saja berapa banyak perwira siswa Angkatan Laut negeri itu yang meraih penghargaan tertinggi pada sejumlah lembaga pendidikan militer di Barat.
Belum lagi keterlibatan operasi multinasional kekuatan laut Singapura dengan intensitas tinggi, bahkan perwira tingginya sempat beberapa kali menjadi komandan gugus tugas multinasional. Sebagai perbandingan, Indonesia yang sejak 2009 terlibat dalam UNIFIL MTF di Lebanon belum pernah sekalipun dipercaya untuk menempatkan perwira tingginya sebagai Komandan MTF.
Singkatnya, akan lebih bijaksana kalau Angkatan Laut Indonesia mengejar ketertinggalan dari Angkatan Laut Singapura. Kalau hal tersebut mampu dilaksanakan, arah untuk mencapai world class navy telah berada pada jalur yang sebenarnya. Saat ini kekuatan laut Indonesia masih belum on the track menuju world class navy
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...