Popular Posts

Memanfaatkan Australia

All hands,
Dewasa ini interaksi dan kerjasama Angkatan Laut Indonesia dan Angkatan Laut Kerajaan Australia sangat intensif dan baik. Kondisi itu sebaiknya dimanfaatkan oleh Indonesia secara luas dan tak hanya disibukkan dengan kerjasama operasi dan latihan saja. Kekuatan laut Indonesia harus pula memanfaatkan Angkatan Laut Kerajaan Australia yang kaya akan pengalaman dalam perencanaan strategis.
Mengapa Indonesia harus mengambil pengalaman Australia dalam perencanaan strategis? Pertama, Australia adalah negara menengah dari sisi ekonomi, suatu hal yang sama dengan Indonesia. Kedua, perencanaan strategis Canberra mengacu dan berakar pada pola yang dikembangkan oleh Amerika Serikat, hal yang juga sama dengan Jakarta. Ketiga, Australia dengan jumlah armada Angkatan Laut yang terbatas mampu bermain di kancah internasional sehingga sesungguhnya sudah berkategori world class navy.
Banyak hal yang dapat dipetik oleh kekuatan laut Indonesia dalam hal perencanaan strategis dari mitranya di selatan. Bagaimana suatu Angkatan Laut dengan jumlah kapal perang terbatas tetapi mampu secara efektif mengamankan kepentingan negaranya di berbagai belahan dunia. Begitu pula dengan pola perencanaan pembangunan kekuatan Australia yang sistematis dan tidak terpengaruh secara signifikan oleh perubahan politik, bahkan perubahan internal Angkatan Laut Kerajaan Australia sekalipun pun.
Dapat dipastikan, kekuatan laut Australia tidak akan pelit untuk berbagai ilmu mengenai perencanaan strategis dengan Angkatan Laut Indonesia. Semua kembali kepada kekuatan laut Indonesia sendiri, apakah pola kerjasama lebih mengikuti kepentingan Australia atau mencoba mengimbanginya dengan memasukkan kepentingan Indonesia di dalamnya?
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...