Popular Posts

Masalah Hak Karya Intelektual Rudal Cina

All hands,
Dari berbagai isu yang terkait dengan rencana produksi rudal C-705 di Indonesia, salah satu isu krusial adalah tentang hak karya intelektual rudal itu. Beijing tidak akan memberikan ijin untuk produksi rudal anti kapal itu di Bandung apabila Jakarta tidak menyepakati perjanjian hak karya intelektual sesuai dengan yang diinginkan oleh Cina. Sikap Negeri Tirai Internet itu dapat dipahami, sebab tak ada negara yang memberikan makan siang gratis kepada negara lainnya.
Banyak hal yang diatur dalam suatu perjanjian hak karya intelektual, apalagi menyangkut teknologi tinggi. Misalnya tentang larangan untuk menyebarkan hak karya intelektual itu kepada negara lain tanpa ijin negara pemberi teknologi itu. Pula tentang larangan atau setidaknya pembatasan penjualan rudal itu ke negara lain, sebab ini akan bersinggungan dengan kepentingan pasar negara pembuat asli rudal tersebut. 
Iran adalah salah satu negara yang banyak mengadopsi hak karya intelektual Cina. Terdapat sejumlah rudal buatan Negeri Para Mullah yang teknologinya berasal dari Negeri Triad. Memang Iran tak banyak mengekspor rudal buatannya, sebab negeri itu sejak lama telah banyak dihadiahi sanksi oleh Dewan Keamanan PBB asal sponsor Washington. Akan tetapi setidaknya Indonesia bisa belajar dari Iran bagaimana bekerjasama dengan Cina dalam hal hak karya intelektual.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...