Popular Posts

Kerjasama Keamanan Maritim Indonesia-Australia

All hands,
Kerjasama keamanan maritim Indonesia-Australia saat ini sedang meningkat, khususnya terkait dengan ancaman penyelundupan manusia menuju Benua Kangguru yang menjadikan Indonesia sebagai tempat transit. Interaksi Angkatan Laut kedua negara bukan saja terbatas dalam bidang pendidikan, tetapi mencakup pula latihan dan operasi. Khusus untuk operasi, sebenarnya masih terdapat peluang bagi kedua Angkatan Laut  guna meningkatkan intensitasnya. 
Namun peluang itu nampaknya belum dapat direalisasikan oleh Indonesia karena keterbatasan aset kapal perang yang siap operasi. Selama ini operasi kekuatan laut Indonesia dan Australia berfokus di Laut Timor dan Laut Arafura. Selanjutnya telah muncul gagasan untuk melaksanakan operasi serupa di Samudera India hingga ke pantai barat Sumatera. 
Australia memandang bahwa keterbatasan aset kapal perang Indonesia yang siap operasi sebagai salah satu penghambat peningkatan kerjasama itu. Apabila Indonesia memandang penting kerjasama keamanan maritim dengan Australia, perlu diterapkan solusi untuk mengurangi jumlah aset kapal perang yang tak siap operasi.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...