Popular Posts

Inggris Menolak Korvet

All hands,
Royal Navy selama ini tidak pernah mengoperasikan kapal perang jenis korvet. Kapal kombatan terkecil yang dioperasikan oleh Angkatan Laut tertua di dunia tersebut adalah fregat. Apa alasan Inggris tidak mengoperasikan korvet yang populer di kalangan Angkatan Laut negara-negara berkembang?
Menurut perhitungan Angkatan Laut negeri Ratu Elizabeth II itu, korvet adalah kapal perang yang dirancang untuk tugas-tugas konstabulari. Kapal perang yang biasanya panjangnya kurang dari 100 meter itu tak dirancang untuk memiliki fleksibilitas dalam angka kontinjensi militer. Sementara doktrin Royal Navy menetapkan bahwa kapal kombatan Inggris harus mempunyai kemampuan guna merespon kontinjensi militer guna mengamankan kepentingan Inggris di mana pun.
Alasan yang dikemukakan oleh Angkatan Laut yang dulu pernah berjaya di muka bumi itu tentang korvet pada dasarnya masuk akal. Sebab kalau melihat praktek pada Angkatan Laut negara-negara berkembang, korvet dipaksakan untuk memiliki semua kemampuan jenis peperangan. Mulai dari peperangan anti kapal selam, anti permukaan, anti udara hingga peperangan elektronika. Sehingga platform korvet yang terbatas disesaki oleh beragam sub sistem senjata.  Dalam waktu yang sama, kapal perang itu itu juga diwajibkan untuk melaksanakan tugas-tugas konstabulari.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...