Popular Posts

DANKORMAR HADIRI PEMBUKAAN ADMM PLUS EWG ON CTX 2013

Dispen Kormar (Bogor). Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) A. Faridz Washington menghadiri upacara pembukaan The ADMM PLUS EWG On CTX 2013 (Asean Defense Ministers’Meeting Plus Expert Group On Counter Terrorism Exercise 2013) di Kawasan Indonesia Peace and Security Center (IPSC), Sentul, Bogor, Senin (09/09/2013).
Pada latihan penganggulangan terorisme yang secara resmi dibuka oleh Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko ini diikuti 10 negara Asean dan 8 negara mitra asean.

Latihan bersama Penangulangan Terorisme dalam payung ADMM Plus ini didasari oleh kesadaran bersama dimana aksi terorisme saat ini oleh dunia internasional sudah dianggap musuh bersama karena dampaknya dapat menimbulkan bencana bagi kemanusiaan. Serangan teroris bukan hanya merupakan tindakan kriminal biasa akan tetapi merupakan ancaman potensial yang dapat membahayakan kelangsungan hidup negara.

Adapun materi latihan yang akan dilaksanakan antara lain Table Top Exercise (TTX), Practical Exercise (PE), diskusi dan Praktek Latihan Kasus (LNG, MANPADS, Major Event–Stadion). Table Top Exercise (TTX) dimaksudkan untuk mendapatkan wawasan mengenai tantangan, prioritas dan kemampuan Counter Terrorism (CT) kawasan, dan untuk mengembangkan berbagai kesempatan kerja sama CT. Sementara Practical Exercise (PE) dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan CT militer negara ADMM Plus lewat pertukaran best practices dan demonstrasi teknik, taktik dan prosedur CT antar angkatan bersenjata dalam mendukung proses penegakan hukum atau usaha lain yang dilakukan oleh institusi pemerintah yang memiliki kewenangan.

Dalam latihan Counter Terrorism yang dipimpin oleh Direktur latihan Danjen Kopassus Mayjen TNI Agus Sutomo dan Wakil Direktur Latihan Danlantamal XI Brigjen TNI (Mar) Buyung Lalana ini menggunakan Alutsista antara lain Helikopter (Bell, Puma, MI-17), Kendaraan Khusus, LCR & Sea Rider, serta melibatkan sekurangnya 100 orang pasukan elit dari 10 negara peserta dan 60 orang pasukan elit TNI yang berasal dari Kopassus, Denbravo dan Denjaka.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...