Popular Posts

Coast Guard Vietnam

All hands,
Indonesia kembali ketinggalan dari Vietnam dalam urusan pembentukan Coast Guard. Saat ini Hanoi tengah menyiapkan pembentukan Coast Guard yang akan diresmikan pada 12 Oktober 2013. Sementara Indonesia hingga kini masih belum bisa menjalankan amanat Undang-undang No.17 Tahun 2008 tentang pembentukan Sea and Coast Guard paling lambat dua tahun setelah undang-undang itu disahkan.
Coast Guard Vietnam berada langsung di bawah Departemen Pertahanan dan organisasi itu merupakan transformasi dari Vietnam Marine Police. Vietnam Marine Police sendiri adalah organisasi yang berada di bawah Angkatan Laut Vietnam, bukan berada di bawah komando kepolisian negeri itu. Latar belakang pembentukan Coast Guard Vietnam adalah untuk memperkuat kemampuan keamanan maritim Vietnam di dunia internasional, khususnya dalam menghadapi sengketa di Laut Cina Selatan.
Vietnam nampaknya akan mengedepankan peran Coast Guard dalam urusan klaim di Laut Cina Selatan guna mengimbangi Cina. Sebagaimana diketahui, Beijing juga mengedepankan Coast Guard yang merupakan transformasi dari CMS dan beberapa organisasi keamanan maritim sipil lainnya. Filipina juga berupaya untuk memperkuat Coast Guard, sebab selama ini Manila lebih mengedepankan armada Angkatan Lautnya. Ke depan diprediksi akan ada "adu otot" Coast Guard di Laut Cina Selatan.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...