Popular Posts

130 PRAJURIT MARINIR TNI AL SIAP BERANGKAT KE AMBALAT

marinir TEAM-

Komandan Pasmar-1 Brigjen TNI (Mar) Siswoyo Hari Santoso melakukan inspeksi kesiapan sekaligus melepas keberangkatan Satuan Tugas Marinir Ambalat XVII di lapangan apel Batalyon Infanteri-5 Marinir, Ujung, Surabaya, Kamis (26/9/2013).

Di depan 130 prajurit yang tergabung dalam Satgasmar Ambalat XVII, orang nomor satu di jajaran Pasmar-1 tersebut mengatakan untuk kesekian kalinya Pasmar-1 mendapatkan kehormatan dari negara dengan memberangkatkan prajurit-prajurit terpilihnya untuk melaksanakan tugas mulia mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia di wilayah Kalimantan Timur, yaitu di perbatasan pulau Sebatik yang tergabung dalam satuan tugas pengamanan perbatasan dibawah kendali operasi Guspurlatim.

Di daerah pulau Sebatik, lanjutnya, terdapat batas wilayah antara Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan negara Malaysia, yang mana batas wilayah tersebut mempunyai nilai yang sangat strategis terhadap penentuan batas wilayah kedaulatan kedua negara.

Dengan kesiapan prajurit yang tergabung dalam Satgasmar Ambalat XVII, Komandan Pasmar-1 Marinir berkeyakinan bahwa seluruh anggota Satgas mampu melaksanakan tugas menjaga nama baik Korps Marinir dalam mengemban tugas negara di daerah penugasan pulau sebatik Kalimantan Timur demi keutuhan wilayah NKRI.

“Tugas kalian yang paling berat yaitu mengatasi kejenuhan dan mengatasi hawa nafsu, itulah musuh yang paling berat yang kalian hadapi, namun saya yakin prajurit-prajurit yang tergabung dalam Satgasmar Ambalat XVII mampu melaksanakan tugas-tugas dengan baik,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut Komandan pasmar-1 mengharapkan kepada seluruh anggota satgas agar menjauhi perselisihan dengan masyarakat, selain itu juga bisa menjadi bagian dari masyarakat dan mencari nilai-nilai kearifan budaya lokal sehingga kehadiran Satgasmar Ambalat XVII bisa diterima masyarakat, dan yang tidak kalah pentingnya yaitu agar selalu menjalin kerjasama dengan satuan tugas yang lain seperti Polri, TNI dan masyarakat.

Sementara itu, Komandan Satgasmar Ambalat XVII Kapten Marinir Ahmad Fauzi mengatakan sebelum berangkat ke daerah penugasan, Satgasmar Ambalat XVII telah menerima pembekalan-pembekalan tentang kondisi geografi dan demografi, pengetahuan keimigrasian, pengetahuan hukum HAM dan Humaniter, pengetahuan hukum laut internasional, situasi keamanan saat ini di daerah perbatasan dan pengetahuan agama, adat istiadat serta bahasa yang dipakai masyarakat pulau Sebatik, selain itu juga telah melaksanakan latihan Pra Tugas di Pusat Latihan Tempur TNI AL Grati Pasuruan.

Personel Satgasmar Ambalat XVII sebanyak 130 orang, lanjutnya, selama enam bulan didaerah penugasan akan menempati beberapa pos yaitu Sei Pancang, Sei Taiwan, Balansiku, Sei Bajau, Tembaring dan Bambangan.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Staf Pasmar-1 Kolonel Marinir Bambang Suryo Aji, Danbrigif-1 Mar Kolonel Marinir Markos, Danmenkav-1 Mar Kolonel Marinir Sarjito, Danmenbanpur-1 Mar Kolonel Marinir Nurri A. Djatmika, Danmenart-1 Mar Kolonel Marinir M. Nadir, para Asisten Pasmar-1 dan perwira di jajaran Pasmar-1.
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...