Popular Posts

25 PERWIRA TNI WILAYAH KEPULAUAN RIAU RESMI SEBAGAI PEER LEADER PENANGGULANGAN HIV/AIDS

25 PERWIRA TNI WILAYAH KEPULAUAN RIAU RESMI SEBAGAI PEER LEADER PENANGGULANGAN HIV/AIDS

Wakil Komandan (Wadan) Lantamal IV Kolonel Laut (P) Erman Syafril, S.H., M.M., mewakili Kapuskes TNI Mayjen TNI Komarudin Boenjamin,Sp.U. menutup secara resmi pelaksanaan Peer Leader Penanggulangan HIV/AIDS TNI yang diikuti 25 orang peserta perwira TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara bekerja sama dengan Puskes TNI, ODC (Office of Defence Cooperation) dan FHI 360 berlangsung di Hotel Aston Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Jumat (5/7/2013).

Dalam sambutannya Kapuskes TNI yang dibacakan Wadan Lantamal IV Kolonel Laut (P) Erman Syafril, S.H., M.M. mengatakan bahawa tanpa terasa empat hari kebersamaan kita dalam kegiatan pelatihan ini harus segera berakhir. Sudah barang tentu banyak hal telah kita gali dan pelajari selama lima hari. Harapan saya, apa yang didapat selama pelatihan ini tidak hanya mengendap sebagai pengetahuan saja, tetapi lebih jauh bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dikatakan pula bahwa seperti saya sampaikan saat pembukaan yang lalu bahwa masalah HIV dan AIDS saat ini sudah nyata-nyata ada disekeliling kita. Untuk itu diperlukan kepedulian dan tindakan penanggulangan dari semua pihak.para peserta yang telah mendapat pelatihan ini secara otomatis menyandang status sebagai Peer Leader dalam program kepemimpinan seraya dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS di satuan masing-masing.

Untuk itu menurut Kapuskes TNI tugas para perwira sekalian adalah melaksanakan pendekatan interpersonal untuk perubahan perilaku di wilayahnya dalam rangka melaksanakan program pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS ke kumunitas di sekitarnya mulai dari sosialisasi kepada anak buah, kepada teman sekerja, dan kepada anggota di satuannya masing-masing. Terlepas dari tugas tersebut, hal penting yang harus dilakukan oleh Peer Leader adalah menjaga perilaku sendiri agar aman dari infeksi HIV dengan menjadi suri tauladan bagi masyarakat disekitarnya.

Dan kepada Kakesdam Bukit barisan, Kadiskes Lantamal IV Tanjungpinang, dan Danlanud Tanjungpinang saya mohon bantuannya untuk memonitor, membina dan memfasilitasi para Peer Leader Dalam melakukan tugasnya nantinya. Bantu mereka untuk melaksanakan kegiatan yang diamanatkan di wilayahnya. Dengan terealisasinya kegiatan Peer Leader secara mandiri diwilayah kerja saudara tersebut saya berharap pengetahuan komprehensif pencegahan HIV AIDS dikalangan anggota TNI akan meningkat, dengan demikian penularan HIV di lingkungan TNI khususnya wilayah kepulauan Riau dan sekitarnya bias dicegah,serta permasalahan yang ada bias ditanggulangi dengan baik.

Turut hadir dalam penutupan Peer Leader HIV AIDS TNI antara lain Kasrem 033 Wira Pratama, Asrena Danlantamal IV Kolonel Laut (P) Hery Sumardi, S.E., Aspers Danlantamal IV Letkol Laut (E) Tarsisius Susilo, S.T., Kadiskes Lantamal IV Letkol Laut (K) Andi Sugeng Rawuh, Danlanudal, Danlanud dan para Perwira undangan lainnya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...