Popular Posts

TNI AL

ATASI PENYELUNDUPAN DAN KEBOCORAN BBM DI LAUT PERTAMINA GANDENG TNI AL


Guna mengantisipasi adanya dugaan penyelundupan dan kebocoran bahan bakar minyak (BBM) yang mengakibatkan kerugian tidak sedikit bagi negara, Pertamina akan menggandeng TNI Angkatan Laut.

Hal tersebut dikatakan Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya saat bertemu Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Marsetio di Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap Jakarta Timur, Kamis (11/4).

Menurut Hanung Budya, penyelundupan atau kebocoran ini disinyalir terjadi di wilayah perairan, dan Pertamina tidak memiliki kemampuan untuk menegakkan hukum di wilayah laut yang demikian luas itu. “Oleh karenanya kami akan bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut guna menangani permasalahan ini,” katanya.

Hanung menjelaskan, angka kerugian akibat kebocoran ini tidak bisa diketahu dengan pasti, namun terlihat dari adanya beberapa penangkapan oleh aparat belakangan ini. "Nilainya saya tidak tahu, ada indikasi kecoboran tapi sulit dideteksi, untuk itu kita kerjasama untuk mencegah kebocoran ini," tandas Hanung.

Sementara itu Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Dr. Marsetio membenarkan pertemuan tersebut. “Kami membicarakan rencana kerja sama antara TNI Angkatan Laut dengan Pertamina terkait dengan maraknya tindak pelanggaran penyelundupan Bahan Bakar Minyak (BBM) di wilayah perairan, yang mengakibatkan kerugian yang tidak sedikit bagi negara,” kata Kasal.

Menurut Kasal, bahwa tugas TNI Angkatan Laut adalah mengamankan wilayah laut Indonesia. "Kita kerja sama dengan Pertamina dalam hal yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak seperti BBM subsidi," kata orang pertama di Angkatan Laut ini. Setelah mendengar penjelasan pihak Pertamina, Laksamana bintang empat ini mengatakan bahwa angka kebocoran BBM bersubsidi di wilayah laut ternyata sangat besar jumlahnya trilyunan, dan hal itu menyangkut hajat hidup rakyat Indonesia. “Sudah merupakan kewajiban TNI Angkatan Laut yang dilengkapi dengan alutsista untuk memberantas kebocoran-kebocoran ini, sedangkan untuk bentuk kerja samanya masih akan dibahas,” jelas Kasal.

Turut hadir mendampingi Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya dalam pertemuan dengan Kasal, Direktur Pemasaran Pertamina Muhammad Yudi, Sekretaris Perseroan Pertamina Nursatyo Argo, Manager Komunikasi Eksternal Pertamina Jakson Simanjuntak. Sedangkan di pihak TNI Angkatan Laut, hadir Aspam Kasal Laksamana Muda TNI Ir. I Putu Yuli Adnyana, Asops Kasal Laksamana Muda TNI Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A., dan Pangarmabar Laksamana Muda TNI Arief Rudianto, S.E.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...