Popular Posts

65 SISWA DIKLAPA KOPUR MARINIR

65 SISWA DIKLAPA KOPUR MARINIR, LATTEK PROSEDUR STAF DAN KOMANDO OPSRAT


Sebanyak 65 orang siswa Pendidikan Lanjutan Perwira Komando Tempur (Diklapa Kopur) Marinir Angkatan ke- 21 melaksanakan Latihan Praktek (Lattek) Prosedur Staf dan Komando Operasi Darat (Opsrat) di Gedung Olah Yudha Sekolah Perwira Infanteri, Pusat Pendidikian Infanteri (Pusdikif) Kodikmar, Kobangdikal, Gunungsari, Kamis, (11/4/2013).

Lattek yang akan berlangsung hingga Selasa (16/4/2013) mendatang tersebut, dibuka Wakil Komandan Komando Pendidikan Marinir Kolonel Marinir Lasmono.

Hadir dalam pembukaan Lattek tersebut, Komandan Pusdikif Kolonel Marinir Bambang Sukarno, Danpusdik Artileri Kolonel Marinir M Supriyatna, Danpusdik Bantuan Tempur Kolonel Marinir Chaerudin Thayib dan Komandan Pusdik Kavaleri Kolonel Marinir Listyarto serta beberapa pejabat Kodikmar lainnya.

Komandan Kodikmar Kolonel Marinir M. Sulchan dalam amanat yang dibacakan Wadan Kodikmar Kolonel Lasmono megatakan, tujuan diselenggarakanya Lattek ini untuk membekali para siswa agar mampu melaksanakan prosedur staf dan komando dalam perencanaan operasi darat tingkat Batalyon Infanteri disataun kerja, apabila sudah menyelesaikan pendidikan ini nanti.

Adapun sasaran yang ingin dicapai pada latihan ini lanjutnya, selain mampu melaksanakan Prosedur Operasi tingkat Batalyon, juga diharapkan mampu melaksanakan proses analisa dengan tepat, memberikan saran kepada Komandan dan Perwira Staf dan mampu menyusun Konsep Umum Operasi (KUO) berupa Rencana Operasi (RO) maupun Perintah Operasi (PO).

Menurutnya, dalam lattek ini para siswa akan mendapatkan beberapa materi diantaranya melaksanakan langkah-langkah hubungan Komando dan Staf, Analisa Tugas Pokok, Cara Bertindak, Petunjuk Perencanaan Komandan, Perkiraan Keadaan dan Perkiraan Cepat, Konsep Umum Operasi serta diakhiri pembuatan dan paparan PO/RO dan table top.

“Laksanakan Lattek ini dengan sungguh-sungguh, apabila ada kesulitan diskusikan dengan para Instruktur. Saya berharap dari lattek ini para siswa bisa mengaplikasikan Rencana Operasi (RO) yang dibuat dalam Lattek Operasi Darat sesungguhnya di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Purboyo Malang sebelum Penugasan di Satuan Kerja nanti,” pintanya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...