Popular Posts

PANGARMATIM TINJAU KESIAPAN LATIHAN PARSIAL III OPERASI AMFIBI

PANGARMATIM TINJAU KESIAPAN LATIHAN PARSIAL III OPERASI AMFIBI


Sebentar lagi TNI AL punya gawe besar, yaitu akan menggelar latihan Parsial III Operasi Amfibi. Latihan yang menjadi kebanggaan prajurit matra laut ini rencananya manuvra lapangannya akan dilaksanakan mulai tanggal 25 Maret mendatang, dengan daerah latihan meliputi Laut Jawa dan puncaknya melaksanakan operasi amfibi dengan mendaratkan Pasukan Pendarat Marinir di Pantai Banongan Situbondo, Jawa Timur.

Guna mengecek kesiapan latihan tersebut, Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Agung Pramono, S.H., M.Hum, meninjau kesiapan latihan Parsial tingkat III, di Mako Komando Latihan (Kolat) Koarmatim, Ujung, Surabaya, Kamis (21/03). Dalam peninjauan tersebut Pangarmtim didampingi Komandan Gugus Keamanan Laut Armada Timur (Danguskamlatim) Laksamana Pertama TNI Wuspo Lukito, S.E., Komandan Pasukan Marinir (Danpasmar)-1 Surabaya Brigjend TNI (Mar) Siswoyo Haris, Komandan Kolat Koarmatim Kolonel Laut (P) Budhiyanto serta para pejabat latihan Parsial III tahun 2013.

Kegiatan ini merupakan tahap latihan kering di lapangan (tactical game) latihan Parsial III, yang melibatkan seluruh komponen Sistem Armada Terpadu (SSAT) TNI Angkatan Laut serta Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) yang ada. Tahap tactical game merupakan gambaran situasi daerah latihan yang sesungguhnya. Oleh karena itu seluruh pasukan yang terlibat harus memahami setiap pergerakan sesuai jadwal dan skenario yang telah ditentukan pada tahap latihan posko.

Latihan Parsial III dijajaran TNI AL merupakan latihan antar Komando Utama (Kotama) yang digunakan untuk menguji, menilai, mengevaluasi dan mengukur sejauh mana hasil pembinaan kemampuan dan kekuatan yang telah dicapai. Peralatan yang digunakan adalah unsur kapal perang dari berbagai jenis, Pesawat Udara (Pesud), Pasukan Pendarat (Pasrat) Marinir dan kendaraan tempurnya berupa Tank amfibi, Kendaraan Amfibi Pengangkut Artileri (Kapa), roket dan artileri Marinir, Pasukan Khusus (Pasus) TNI AL Kopaska dan Taifib, Kesehatan, dan Pangkalan.

Dihadapan pasukan, Pangarmatim menyampaiakan beberapa pesan antara lain, Latihan Parsial tingkat III kali ini merupakan tahap Latihan Umum (Latum) Latihan Gabungan (Latgab) TNI tahun 2013. Oleh karena itu setiap prajurit wajib memahami doktrin taktis dan teknis serta mampu mengaplikasikan dalam bentuk tindakan nyata di lapangan. Untuk itu Pangaramatim berharap agar setiap prajurit melaksanakan seluruh tahapan latihan dengan penuh semangat dan sunguh-sungguh.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...